Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tahun 2017, Bukan Amerika-Eropa, Inilah Negara Paling Percaya Pemerintah

1 min read

berdasrkan survei edelman, hanya lima negara pemerintahny mendapatkan kepercayaan publik di atas 50 persen, termasuk indonesia pada tahun 2017/foto via http://impact-coaches.com

Tahun 2017, Bukan Amerika-Eropa, Inilah Negara Paling Percaya Pemerintah

angkaberita.id – Tak hanya dalam bisnis perbankan dan media saja, kepercayaan (trust) juga menjadi inti utama dari proses pemerintahan. Kepercayaan publik terhadap pemerintah menjadi modal mengelola negara, termasuk pemerintahan di dalamnya.

Mengutip Katadata, pemerintahan paling dipercaya publiknya di dunia berdasarkan survei Edelman (2017) ialah China. Di Negeri Tirai Bambu ini, tingkat kepercayaan publik kepada pemerintahnya tertinggi, sebesar 76 persen.

Kabar baiknya, pada tahun 2017, publik di negeri ini juga menaruh kepercayaan tinggi ke pemerintah. Tingkat kepercayaan publik Indonesia ke pemerintah saat itu, sebesar 71 persen. Berada di urutan empat besar dunia.

Kepercayaan ini meningkat 13 persen dibanding posisi tahun 2016. Dari 28 negara disurvei, hanya lima negara memiliki tingkat kepercayaan publik lebih dari 50 persen. Selain China, ialah Uni Emirat Arab, India, Indonesia dan Singapura.

publik di tanah air pada tahun 2017 menaruh kepercayaan tinggi ke pemerintah. bahkan tingkat kepercayaan di atas 50 persen, persisnya 71 persen berdasarkan survei edelman. hanya ada lima negara di dunia, dari 28 negara di survei mendapatkan kepercayaan sebesar itu/foto via austinstartups.com

Menariknya, dua penduduk di negara ini memilih netral ditanya soal kepercayaan kepada pemerintahnya. Yakni, Belanda dan Turki. Alias di angka, masing-masing, 51 persen.

Sebanyak 21 negara lainnya, justru publik tidak memercayai pemerintahnya. Bahkan, 14 negara turun tingkat kepercayaan publik dibanding hasil survei tahun 2016. Termasuk Prancis, Meksiko dan Brazil. Paling rendah ialah Afrika Selatan, sebesar 15 persen.

(*)

Bagikan