Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pedang Bank Indonesia: BI Rate Terus Turun, Inilah Peta Bunga Deposito Bank Anda

2 min read

sepanjang tahun 2019 bank indonesia telah tiga kali memangkas bi rate alias suku bunga acuan menjadi akumulasi 0,75 persen/foto via kompas.com

Pedang Bank Indonesia: BI Rate Terus Turun, Inilah Peta Bunga Deposito Bank Anda

angkaberita.id– Selain pasar saham dan reksadana, bentuk investasi paling umum ialah deposito perbankan. Kendati berisiko relatif rendah dibanding pasar saham dan reksadana, pemilik deposito belakangan juga menjadi agak harap-harap cemas seiring rajinya Bank Indonesia memangkas suku bunga acuan (BI Rate).

Kalangan perbankan tentu akan menyesuakan kebijakan bunga deposito dengan kebijakan suku bunga acuan terbaru. Berdasarkan laporan Katadata, sepanjang setahun terakhir Bank Indonesia telah tiga kali memangkas BI Rate, atau secara akumulasi setara 0,75 persen.

Imbasnya, mengutip data indikator likuiditas Lembaga Penjaminan Sementara (LPS) pada bulan ini, rerata bunga deposito pada akhir Agustus turun sebesar 0,13% dibanding bulan sebelumnya, menjadi kini 5,95 persen. Nah, jika dihitung sepanjang tahun 2019, rerata bunga deposito acuan di LPS hanya turun 0,2 persen.

Pertanyaannya bagaimana dengan bunga depositor perbankan di tanah air? Berdasar data, Bank CIMB Niaga masih menawarkan bunga deposito tertinggi, meskipun BI terus memaksimalkan otoritas moneternya demi mendongkrak perekonomian nasional.

Yakni, di kisaran 6,5-6,75 persen. Bunga 6,5 persen diberikan untuk simpanan dengan jangka waktu 1 dan 3 bulan. Bunga 6,75 persen simpanan jangka waktu 6 dan 12 bulan. Angka ini memang di atas empat bank nasional lainnya rerata-4-5 persen.

Bank Mandiri bunga depositonya di kisaran 4,25-5,5 persen. Bunga deposto paling rendah diberikan buat simpanan di bawah Rp 1 miliar dengan jangka waktu 1 dan 12 bulan. Bunga deposito tertinggi untuk simpanan tenor 3 bulan.

Pun, Bank BNI kisaran bunga depositonya di angka 4,25-5,5 persen. Paling rendah untuk simpanan di bawah Rp 1000 juta dengan jangka waktu 1 bulan, tertingi simpanan tenor 3 bulan.

Bagaimana BRI? Bunga depositonya 4,75-5,75 persen. Tenor 1 bulan diberi bunga 4,75 persen, bunga 5,75% untuk simpanan di atas Rp 100 juta dengan jangka waktu 3 bulan.

Bank BCA kebijakan bunga depositonya 5-5,25 persen. Bunga 5 persen simpanan di bawah Rp 2 miliar untuk seluruh tenor, dan simpanan di atas Rp 2 miliar dengan tenor 1 dan 3 bulan. Bunga 5,25 persen untuk simpanan di atas Rp 2 miliar dengan jangka waktu lebih panjang. (*)

Bagikan