free page hit counter
Fri. Nov 15th, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kampus Penghasil Orang Super Kaya Dunia, Kampus Obama Paling Banyak

2 min read
universitas harvard, kampus presiden amerika serikat barrack obama merupakan kampus dengan jumlah alumni super kaya dunia terbanyak/foto via gulfnews.com

Kampus Penghasil Orang Super Kaya Dunia, Kampus Obama Paling Banyak

angkaberita.id – Tolok ukur kesuksesan suatu universiats biasanya bersandar pada kesuksesan para mahasiswa dan alumninya. Di skala internasional, biasa menjadi ukuran prestisius ialah jumlah peraih hadiah nobel, penghargaan pulitzer di Amerika Serikat, atau medali olimpiade.

Namun, kesuksesan suatu perguruan tinggi kini juga bisa dilihat dari banyaknya lulusan menjadi jutawan. Seperti ditulis Statista mengutip riset dari lembaga riset keuangan global, Wealth-X, reputasi perguruan tinggi juga terukur dari reputasinya sebagai kampus penelur orang super kaya.

Berdasarkan riset Wealth-X, terdapat 10 universitas di dunia melahirkan orang super kaya, para alumni itu memiliki pendapatan bersih sekurangnya 30 juta dolar Amerika. Dari 10 universitas itu, hanya satu kampus berasal dari luar Amerika Serikat.

Yakni, Universitas Cambridge di Inggris, dengan jumlah alumni super kaya sebanyak 2.760 orang, dan akumulasi aset kekayaan sebesar 390 miliar dolar Amerika. Rival Universitas Oxford di Inggris itu, hanya berada di urutan ke-7 dari daftar kampus penelur orang super kaya.

Universitas Harvard menempati urutan pertama dengan jumlah alumni super kaya sebanyak 13.650, dan akumulasi aset kekayaan sebesar 4,8 triliun dolar Amerika.

Bahkan, jumlah alumni super kaya dari Harvard, masih lebih banyak dibanding gabungan jumlah alumni super kaya dua universitas urutan kedua dan ketiga penghasil alumni super kaya, yakni Universitas Stanford dan Universitas Pennsylvania.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump merupakan alumnus Universitas Pennsylvania, Presiden Barack Obama merupakan alumnus Universitas Harvard.

Berdasar riset Wealth-X, sebagian besar alumni super kaya dari Harvard berstatus wiraswasta, persentasenya 79 persen, 15 persen sumber kekayaannya beragam, dan hanya 6 persen berasal dari harta warisan. (*)

Bagikan