Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

DPRD Tanjungpinang 2019-2024: Inikah Calon Fraksi Terkuat di Senggarang?

3 min read

jika mengacu pada aksara depan anggota dprd tanjungpinang 2019-2024, maka fraksi aksara r meriupakan fraksi paling kuat di Senggarang/foto via europeelects.eu

DPRD Tanjungpinang 2019-2024: Inikah Calon Fraksi Terkuat di Senggarang?

angkaberita.id – DPRD Tanjungpinang 2019-2024 tengah menyelesaikan penyusunan alat kelengkapan dprd (AKD) seperti fraksi, badan legislatif, badan musyawarah, badan anggaran dan sebagainya.

Paling mendesak tentu saja penyusunan fraksi. Karena fraksi merupakan kepanjangan tangan parpol di DPRD. Dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang, diperkirakan jumlah fraksi di DPRD Tanjungpinang paling banyak 7 fraksi.

Itu sudah termasuk 5 fraksi berdiri sendiri lantaran memiliki kursi setara 10 persen dari jumlah kursi DPRD, selebihnya kemungkinan fraksi gabungan. Selain PDIP dan Golkar, tiga parpol disebut bisa membentuk fraksi sendiri, yakni Nasdem, Gerindra dan PKS.

Robby Patria, Analis Politik di Tanjungpinang, tak menampik kemungkinan itu. Meskipun, menurutnya, kemungkinan hanya akan ada 6 fraksi saja bukannya mustahil. “Kemungkinan 6-7 fraksi,” sebutnya sembari menyebut kemungkinan fraksi gabungan ada dua.

Mereka bakal bersaing berebut pengaruh menjadi fraksi terkuat dan paling berpengaruh di Senggarang ke depan. Yakni, gabungan Demokrat dan Hanura serta koalisi PKB dan PPP. Dia menyebut, beberapa di antara mereka telah menggelar sejumlah pertemuan.

“Kelihatannya lebih bagaimana (mereka) bisa bekerjasama selama lima tahun ke depan,” sebut Patria mengurai alasan di baliknya. Dia melihat, alasan ideologis tidak akan menjadi pertimbangan utama membentuk fraksi gabungan. “Soal ideologi hampir sama, semua partai nasionalis,” sebutnya.

Dengan skenario seperti itu, artinya hanya PAN yang belum disebut dalam gotak-gatuk penyusunan fraksi gabungan. Dengan dua kursi, PAN harus berkoalisi dengan parpol lainnya membentuk fraksi. Karena PKB dan PPP menurut Patria, kemungkinan satu meja fraksi nantinya di DPRD.

Jika mengacu pada hasil pemilu serentak 17 April 2019 berdasarkan pleno penetapan kursi dan celeg terpilih KPU Tanjungpinang pada 10 Agustus lalu, sebenarnya justru bukan parpol itu calon fraksi terkuat dan berpengaruh di DPRD lima tahun ke depan.

Sekadar utak-atik, justru fraksi aksara R paling potensial menjadi fraksi terkuat di DPRD, menyusul kemudian fraksi A. Aksara R dan A dimaksud bukan lain tidak bukan ialah nama anggota DPRD Tanjungpinang 2019-2024.

Berdasarkan data KPU, nama anggota DPRD berawalan R paling banyak dibanding awalan lain, sebut saja A yang berada di urutan kedua. Total terdapat tujuh nama anggota DPRD Tanjungpinang berawalan R. Menyusul kemudian berawalan huruf A dan M, masing-masing sebanyak 5 orang.

Urutan berikutnya berawalan huruf S. Namun duel paling seru terjadi antara R dan A, sederhana alasannya yakni anggota DPRD berawalan R justru kebanyakan wajah baru, sedangkan berawalan A paling banyak petahana.

Berdasarkan daerah pemilihan, berawalan huruf R juga merata di tiga dapil. Terinci Tanjungpinang Barat-Kota sebanyak 3 orang, termasuk 2 petahana. Bukit Bestari sebanyak 1 orang, Tanjungpinang Timur sebanyak 3 orang, 2 di antaranya wajah baru.

Hebatnya lagi, sebagian besar anggota DPRD berawalan huruf R mewakili kaum perempuan, dan sebagian besar wajah baru. Jumlahnya sama besar, yakni 3 petahana dan 3 wajah baru. Anggota perempuan DPRD Tanjungpinang juga melesat di periode ini, bertambah sekitar 40 persen dibanding periode lima tahun sebelumnya.

Bagaimana dengan pesaingnya fraksi A? Mari kita lihat. Berdasarkan dapil, mereka terbanyak di Bukit Bestari dan Tanjungpinang Barat-Kota, masing-masing 2 orang. Seorang lagi di Tanjungpinang Timur.

Berdasarkan status, sebagian besar petahana sebanyak 3 orang, tersebar di Bukit Bestari, Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Barat-Kota. Nah, ini yang benar-benar diametral semuanya berjenis kelamin laki-laki. Siapa unggul? (*)

UPDATE: Berita ini telah diperbarui dengan menambahkan jumlah fraksi berdiri sendiri di DPRD Tanjungpinang 2019-2024 sebanyak 5, termasuk PKS yang sebelumnya tak tercantum di dalam berita ini.

Bagikan