Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Fakta Dunia: Islam Agama Terbesar di Afrika, Terdapat 2000 Bahasa

3 min read

kairo di mesir merupakan kota terbesar di benua afrika, sedangkan sudan menjadi negara terluas di afrika/foto via iamproudtobemuslim.com

Fakta Dunia: Islam Agama Terbesar di Afrika, Terdapat 2000 Bahasa

angkaberita.id – Belakangan daya tarik politik benua Afrika mulai menguat seiring masuknya investasi besar-besaran China. Amerika Serikat mulai serius membendung pengaruh China dengan menggelontorkan sumber dayanya, termasuk kekuatan diplomasi ke Benua Hitam.

Konon, China memaksimalkan kekuatan investasi ekonominya ke Afrika demi mendapatkan pengaruh politis, terutama di organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam soal Taiwan. Dengan penduduk terus bertambah, dan potensi sumber daya alam berserak, Afrika pada akhirnya menjadi magnet geopolitik dunia.

Nah, mengutip laman interesting-africa-facts.com, benua Afrika merupajan benua terbesar di dunia, dengan jumlah penduduk di atasnya sebanyak satu miliar. Terdapat lebih dari seribu bahasa menjadi sarana berkomunikasi pendudukan di Benua Hitam ini, bahkan sebagian lain menyebut jumlahnya malah hampir 2000 bahasa.

kuda nil termasuk binatang endemik afrika dan sangat mematikan/foto via kumparan.com

Islam merupakan agama terbanyak penganutnya di Afrika, Kristen menyusul di urutan kedua. Penduduk Afrika diperkirakan sekitar 14,72 persen penduduk dunia pada tahun 2009. Penemuan keberadaan manusia tertua di Afrika terdapat di Ethiopia, diperkirakan berusia 200.000 tahun.

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia, dengan lekuknya membelah benua Afrika hingga berujung di Terusan Suez di Mesir, sepanjang 4.132 mil jauhnya. Gurun terbesar di dunia, Sahara juga terdapat di Afrika, besarnya setara luasan Amerika Serikat.

Begitu juga air terjun Victoria Falls, merupakan air terjun terbesar di Afrika, dengan ketinggian 355 kaki dan lebarnya 1500 meter. Gunung tertinggi terdapat di Tanzania, Gunung Kilimanjaro menjualang setinggi 19.300 kaki, dengan puncaknya selalu berkarpetkan salju kendati berlokasi dekat kawasan khatulistiwa.

Nah, Madagaskar merupakan pulau terbesar di Afrika sekaligus terbesar keempat di dunia, Pulau Greenland di Denmark paling besar di dunia. Soal sumber daya alam, jangan ditanya, kawasan pegunungan Witwatersrand di Afrika Selatan memproduksi separo hasil pertambangan emas di dunia.

Bagaimana dengan iklim di Benua Afrika? Membujur dari utara ke selatan membelah khatulistiwa menjadikan Afrika satu-satunya benua yang memiliki zona iklim utara dan selatan khatulistiwa. Afrika juga merupakan benua terpanas di dunia.

Negara terbesar bukan Afrika Selatan, tapi Sudang dengan luas 968.000 mil persegi. Bentang Afrika setara 6 persen permukaan bumi, 20,4 persen seluruh daratan dunia. Kairo di Mesir merupakan kota terbesar di Afrika. Sebelum era manusia, persisnya di awal masa Mesozoikum, Afrika dulunya menyatu dengan benua lainnya, disebut benua Pangaea.

gunung kilimanjaro di tanzania merupakan gunung tertinggi di benua afrika/foto via worldatatlas.com

Satu juta tahun kemudian, benua besar itu pecah berkeping menjadi lanskap dunia sekarang. Nama Afrika diyakini berasal dari masa Kekaisaran Romawi. Setelah mengalahkan Kartago di Afrika Utara, Romawi mendirikan provinsi jajahan di sana bernama Afrika sesuai dengan nama suku yang mendiaminya, Suku Afri.

Dallol di Ethiopia utara merupakan wilayah paling panas di dunia, dengan suhu rata-rata siang hari 33,89 derajat celcius. Bagaimana dengan fauna dan satwa di Afrika? Afrika disebut penuh dengan satwa paling beringas dan berbahaya di dunia, telah ratusan orang meninggal setiap tahunnya.

Selain nyamuk, kuda nil juga menjadi satwa paling menakutkan di benua ini. Ular Puff Adder juga sangat ditakuti. Satwa terbesar di jazirah ialah gajah Afrika, paling tinggi tentu saja jerapah. Begitu juga dengan satwa paling kencang larinya, cheetah juga berhabitat di sini.

Buaya Nil disebut sebagai buaya terbesar di dunia. Pun, gorila menjadi primata terbesar di belantara Afrika. Kodok terbesar di dunia juga ditemukan di sini, namanya katak goliath juga disebut bullfrog goliath. Habitat terbesarnya di Kamerun dan negara Afrika tengah lainnya, katak ini dapat membesar hingga seukuran satu kaki alias 30 centimeter. Kemudian, sekitar 25 persen seluruh jenis burung di dunia berhabitat di Afrika.

air terjun victoria merupakan air terjun terbesar dan tertinggi di benua afrika/foto via theluxuryholidaycompany.com

(*)

Bagikan