Wed. May 19th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Fakta Dunia: Asia Benua Sepeda Motor, Thailand Paling Banyak Jumlahnya.

3 min read

kendati banyak sepeda motor dibanding kendaraan bermotor lainnya di tanah air, namun ternyata negara paling banyak jumlah sepeda motornya di dunia ialah thailand/foto tempo.co

Fakta Dunia: Asia Benua Sepeda Motor, Thailand Paling Banyak Jumlahnya.

angkaberita.id -Tak hanya pariwisatanya, Thailand ternyata juga dikenal sebagai negara paling banyak pengguna sepeda motornya di dunia. Selain Thailand, negara di Asia lainnya seperti Vietnam, Malaysia, China, Indonesia, Pakistan termasuk menyukai sepeda motor sebagai sarana transportasi.

Tak heran, benua Asia merupakan benua pusatnya sepeda motor lantaran mayoritas pengguna sepeda motor di dunia terkonsentrasi di sini, terutama di negara Asia Tenggara. Riset worldatlas mengungkap 58 persen jumlah sepeda motor sedunia berada di kawasan Asia Pasifik, dan benua Asia khusus di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

(1) Thailand

Tak berlebihan Thailand disebut sebagai negara 100 juta skuter lantaran banyaknya sepeda motor berserak di jalanan Thailand. Riset Pew Research Center, lembaga riset nirlaba di Amerika Serikat, menyebutkan 78 persen rumah tanggan di Thailand memiliki setidaknya satu sepeda motor.

Dengan 18 juta rumaha tangga di Thailand, 15 juta di antaranya memiliki sepeda motor. Laporan BBC, malah terdapat 20 juta sepeda motor terdaftar di Thailand, dan sejuta lainnya tak terdaftar. Tak heran, saking banyaknya sepeda motor, angka kecelakaan di Thailand juga tinggi di dunia, setidaknya 5.000 pemotor meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan lalu lintas.

(2) Vietnam

Seperti Thailand, sepeda motor juga sangat disukai sebagai alat transportasi di Vietnam. Dengan jumlah penduduk 90 juta jiwa, jumlah sepeda motor di Vietnam diperkirakan sebanyak 45 juta. Dengan kata lain, setidaknya 86 persen rumah tangga di Vietnam memiliki sepeda motor.

Tak aneh jika penjualan sepeda motor di Vietnam terus bertumbuh kendati pasarnya sudah jenuh. Banyak jalan di Hanoi, ibukota Vietnam dengan mudah ditemukan sepeda motor lalu lalang, bagkan dengan jumlah diperkirakan 5 juta setiap harinya, sepeda motor di Vietnam sejatinya raja jalanan di bekas koloni Prancis ini.

(3) Indonesia

Di luar Gojek dan pengojek online lainnya, Jakarta sejatinya sudah macet dengan kendaraan bermotor setiap harinya. Setiap harinya diperkirakan 15 juta sepeda motor memadati jalanan di Jakarta, mengalahkan jumlah mobil sebanyak 5 juta saja. Seperti Vietnam, Indonesia juga merupakan pasar paling gurih penjualan sepeda motor.

Survei AISI, terdapat 80 juta sepeda motor di Indonesia, dengan kata lain 85 persen rumah tangga di sini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Jangankan Jakarta, Tanjungpinang saja jumlah kendaraan terbanyak tetap sepeda motor. Begitu juga di Kepri, sepeda motor paling banyak penggunanya.

Berdasar data BPS, jumlah sepeda motor di Tanjungpinang sebanyak 68.933 berdasarkan data 2017, dengan kata lain sepanjang tahun itu, setiap bulannya sekurangnya setiap bulan sepeda motor bertambah 427 unit. Jauh di atas kendaraan bermotor lainnya.

Begitu juga di Kepri, merujuk data, per 2017 tercatat di Kepri terdapat sebanyak 986.796 unit sepeda motor dan tersebar di enam dari tujuh kabupaten dan kota. Kabupaten Anambas tidak terdapat datanya. Nah, jumlah sepeda motor di Batam sendiri mengalahkan jumlah sepeda motor di gabungan enam kabupaten/kota lainnya sekaligus, sebanyak 528.114 unit.

(4) Malaysia

Dengan jumlah penduduk sebanyak 32 juta jiwa terbagi dalam 7 juta rumah tangga, sebanyak 5,8 juta rumah tangga di Malaysia memiliki sepeda motor. Total terdapat 13 juta sepeda motor di Negeri Semenanjung Melayu itu. Jumlah ini sama banyaknya dengan mobil di negara pemilik mobil nasional bermerek Proton itu.

Namun demikian, kebanyakan jalan di Malaysia seperti juga negara tetangganya seperti Thailand, Vietnam dan Jakarta, sepeda motor merajai jalanan. Tak heran, angka kecelakaan lalu lintas melibatkan pemotor terbilang banyak. Meskipun demikian, sepeda motor dianggap sarana transportasi paling nyaman di Malaysia.

(*)

Bagikan