Mon. Oct 25th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Orang Italia Paling Telat Nikah, Negara Asia-Afrika Cenderung Kawin Muda

1 min read

usia menikah pria dan wanita di italia paling telat di dunia, sedangkan malawi mencatat paling muda usia menikahnya/foto shutterstock via dunia.tempo.co

Orang Italia Paling Telat Nikah, Negara Asia-Afrika Cenderung Kawin Muda

angkaberita.id – Usia menikah di sejumlah negara dunia terus menanjak. Italia menjadi dengan usia menikah paling senja. Sebagian besar di negara maju di benua eropa.

Berdasarkan data PBB seperti dikutip Statista, usia menikah pria di Negeri Pizza menembus 30 tahun, persisnya 35 tahun per 2016 dan 31 tahun 8 bulan di kalangan wanitanya.

Sebaliknya negeri di Afrika, Malawi tercatat sebagai negara dengan usia menikah termuda. Yakni, pria di usia 23 tahun 7 bulan dan wanitanya di umur 19 tahun 9 bulan.

Hampir sebagian besar negara maju, terutama di Eropa cenderung lambat usia menikahnya. Setelah Italia, Belanda, Jerman dan Irlandia menempek di urutan ke-2 hingga ke-4.

Di lima besar dunia ialah Hongkong dengan usia nikah pria 31 tahun 8 bulan dan wanitanya umur 29 tahun 6 bulan. Bagaimana dengan Jepang dan Amerika Serikat?

Meski sama-sama berstatus negara maju, secara demografi Negeri Paman Sam relatif lebih muda usia dibanding Jepang, tak heran usia menikah juga terbilang lebih muda dibanding Negeri Matahari Terbit.

Jepang mengikuti tren negara maju di Eropa, usia menikah prianya 30 tahun 8 bulan, sedangkan wanitanya di umur 29 tahun 4 bulan. Amerika Serikat, pengantin pria biasanya di usia 29 tahun 5 bulan, dan wanitanya umur 27 tahun 4 bulan.

Secara geografi, negara dengan usia menikah cenderung lanjut didominasi negara Eropa. Sebaliknya negara-negara di Asia dan Afrika cenderung menikah muda. (*)

Bagikan