free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sarjana Ekonomi Saingi Sarjana Perminyakan, Ini Gaji Tahunan di Dunia Kerja!

2 min read
inilah 10 sarjana berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji tahunan tinggi di amerika serikat/foto thinkstock via bangka.tribunnews.com

Sarjana Ekonomi Saingi Sarjana Perminyakan, Ini Gaji Tahunan di Dunia Kerja!

angkaberita.id – Berstatus lulusan universitas belum menjamin bakal mendapatkan pekerjaan idaman dan penghasilan layak. Tak hanya di tanah air, keluhan serupa juga terdengar di Amerika Serikat, bahkan jumlahnya tak sedikit.

Kendati belum memberikan jaminan mendapatkan pekerjaan idaman, namun setidaknya modal gelar sarjana dapat menjadi navigasi di tengah persaingan dunia kerja.

Kabar baiknya, sejumlah jurusan juga memiliki kesempatan mewujudkan mimpi di bangku kuliah: pekerjaan idaman dan penghasilan layak!

Berdasar riset Statista mengutip kajian Payscale, perusahaan job career di Negeri Paman Sam, sejumlah jurusan berpotensi mendapatkan pekerjaan berpenghasilan tinggi.

Sudah bisa ditebak, pekerjaan itu tak jauh dari kelaziman selama ini, yakni industri ekstraksi seperti pertambangan, perminyakan dan gas bumi, meskipun kini di Amerika Serikat sana, tengah mewabah tren industri berbasis energi terbarukan.

Payscale dalam laporannya menulis, insinyur perminyakan di Amerika Serikat masih bisa mendapatkan pekerjaan bergaji sekitar 94.500 dolar per tahun, atau setara Rp 1,323 miliar di lima tahun pertama sejak masuk kerja di perusahaan bersangkutan.

Seiring waktu, gaji tahunannya bisa menembus 176.900 dolar Amerika per tahun, setara Rp 2,476 miliar dengan kurs per dolar Rp 14.000. Dengan gaji sebesar itu, sarjana perminyakan menempati peringkat pertama di Amerika Serikat lulusan sarjana “berpeluang” mendapatkan pekerjaan dengan gaji bulanan tinggi.

Urutan selanjutnya ialah sarjana komputer dan teknik elektro sebesar 142.200 dolar Amerika per tahunnya. Sarjana manajemen dan ekonomi terapan bertengger di urutan ketiga dengan perkiraan gaji tahunannya sebesar 140.000 dolar Amerika.

Dalam daftar 10 lulusan sarjana berpeluang mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi, sarjana dengan keahlian antariksa dan aeronautika menjadi juru kunci dengan gaji tahun diperkirakan sebesar 131.600 dolar Amerika.

Di antara sarjana perminyakan dan sarjana antariksa, terdapat profesi yang membutuhkan pekerja dengan latar belakang keilmuan seperti sarjana riset terapan, aktuaria, farmasi, analis bisnis, ekonomi politik dan teknik pembangkitan listrik.

Hampir semua jurusan itu juga ada di sejumlah universitas terbaik di tanah air, termasuk jurusan aktuaria yakni profesi yak tak jauh dari dunia asuransi dan turunannnya. (*)

Bagikan