Fri. Apr 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bukan Jakarta, Inilah Provinsi Tertinggi Kasus Kejahatan Asusila

1 min read

kejahatan asusila diam-diam menyebar di sekujur negeri. sulawesi utara paling banyak masuk laporan kasus kejahatan asusila., di sumatera laporan kasus terbanyak di sumatera barat/foto shutterstock via merdeka.com

Bukan Jakarta, Inilah Provinsi Tertinggi Kasus Kejahatan Asusila

angkaberita.id – Selain kejahatan jalanan seperti curanmor, curas dan curat, kepolisian di seluruh tanah air juga mencatat terjadi sebanyak 5.513 kasus kejahatan asusila sepanjang tahun 2017.

Sebagian besar berupa kasus rudapaksa dan pelecehan seksual. Berdasar catatan BPS dalam Statistik Kriminal 2018, laporan kejahatan asusila terbanyak terjadi di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara, yakni sebanyak 384 kasus.

Posisi berikutnya ialah Jawa Barat sebanyak 349 kasus. Sumatera Barat berada di urutan selanjutnya sebanyak 343 kasus. Sulawesi Selatan dan Aceh bertengger di posisi ke-4 dan ke-5, masing-masing laporan 322 kasus dan 311 kasus.

Jawa Tengah dan Jawa Timur menyusul di urutan ke-6 dan ke-7 sebanyak 270 dan 258 kasus. Sulawesi Tengah sebanyak 245 berada di posisi ke-8, sedangkan Kalimantan Barat sepanjang tahun 2007 masuk laporan kasus sebanyak 226.

Mengunci di posisi 10 besar secara nasional ialah Sumatera Utara sebanyak 224 kasus. Seperti dikutip Katadata, berdasar 10 besar kasus tertinggi, kasus berdasar geografis terbanyak tersebar di tiga wilayah, yakni Sumatera. Sulawesi dan Jawa.

Sumatera, paling banyak masuk laporan di Sumatera Barat. Aceh dan Sumatera Utara menyusul urutan kedua dan ketiga. Sulawesi, paling banyak kasusnya di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara. Kemudian di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Nah, di Jawa laporan terbanyak masuk ke Polda Jawa Barat. Kemudian ke Polda Jawa Tengah, baru kemudian ke Polda Jawa Timur. Kalimantan masuk tertinggi kasusnya, yakni di Polda Kalimantan Barat. (*)

Bagikan