Thu. Dec 2nd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Mampu Angkut 224.986 Ton Muatan, MSC Gulsun Kapal Kargo Terbesar Dunia

2 min read

penampakan msc gulsun, kapal kargo terbesar di dunia dengan luas hampir empat kali lapangan sepakbola/foto via http://koreajoongangdaily.joins.com

Mampu Angkut 224.986 Ton Muatan, MSC Gulsun Kapal Kargo Terbesar Dunia

angkaberita.id – Kapal kargo terbesar di dunia, MSC Gulsun memulai pelayaran perdana ke Eropa, dengan menyinggahi lima pelabuhan kargo utama dunia.

Berangkat dari Pelabuhan Tianjing, China, Senin (8/7/2019) pekan lalu, kapal kargo pabrikan Korea Selatan, berlayar dengan tujuan akhir Pelabuhan Rotterdam di Belanda.

Dengan kapasitas muat maksimal 224.986,4 ton, kapal kargo buatan Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan, ini mampu mengangkut 32.756 kontainer ukuran 20 kaki (TEUs).

Seperti dilansir China Daily mengutip kantor berita Xinhua, kapal ini dioperasikan perusahaan pelayaran MSC. Perwakilan MSC di China mengatakan, sebelum ke Rotterdam kapal sepanjang 399,9 meter dengan lebar 61,5 meter singgah dulu ke sejumlah pelabuhan.

Antara lain Pelabuhan Qingdao, Shanghai, Algeciras, Gdansk, Kaliningrad sebelum berakhir di Rotterdam, Belanda. Dua pelabuhan pertama berada di China. Algeciras berada di Spanyol. Sedangkan Gdansk berlokasi di Polandia. Sedangkan Kaliningrad di Rusia.

Pelabuhan Algeciras di Spanyol dan Pelabuhan Rotterdam di Belanda merupakan dua dari 20 pelabuhan kargo tersibuk di Eropa. Sedangkan Pelabuhan Tianjin merupakan pelabuhan utama China, selain berhadapan dengan lautan lepas, pelabuhan ini juga terhubung jalur pelayaran ke total 180 negara dan lokasi.

Sebelum berangkat dari Tianjin, kapal kargo berkapasitas 23.000 kontainer TEU meninggalkan galangan kapal pembuatnya di Geoje, Sabtu dua pekan lalu. Kapal ini diserahkan ke operatornya tiga minggu lebih cepat dari jadwal.

Seperti ditulis Seatrade Maritime News mengutip SHI, kapal ini dilengkapi dengan sistem pembersih penyedot gas pembakaran mesin kapal (scrubber). Sehingga memenuhi ketentuan batas bahan bakar IMO. Ini merupakan penyerahkan pertama dari enam pesanan MSC ke SHI pada September 2017.

Selain ke SHI, perusahaan pelayaran MSC juga memesan kapal kargo dengan kapasitas sama ke galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) sebanyak 5 unit. Sehingga menjadikan MSC sebagai perusahaan pelayaran kedua terbanyak pemilik kapal kargo terbesar di dunia, yakni 11 unit.

Hyundai Merchant Marine, Korea Selatan seperti ditulis World Maritime News mengutip data VesselValue, merupakan perusahaan pelayaran pemilik super kargo terbanyak, yakni 12 unit. Perusahaan pelayaran Prancis, CMA CGN berada di urutan ketiga dengan jumlah super kargo sebanyak 9 unit.

(*)

Bagikan