Thu. Jul 29th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Eksportir Pilih Rotterdam, Inilah Daftar Pelabuhan Kargo Tersibuk di Eropa

2 min read

pelabuhan rotterdam sepanjang tahun 2017 tercatat sebagai pelabuhan kargo tersibuk di eropa berdasarkan riset badan statistik eropa, eurostat/foto via maritimegateway.com

Eksportir Pilih Rotterdam, Inilah Daftar Pelabuhan Kargo Tersibuk di Eropa

angkaberita.id – Pelabuhan Rotterdam di Belanda kembali menduduki urutan pertama pelabuhan tersibuk berdasarkan volume bongkar muat barang sepanjang 2017.

Seperti ditulis Statista mengutip data Eurostat, sepanjang tahun 2017 aktivitas bongkar muat barang di 20 pelabuhan kargo terbesar di Eropa menyentuh 39 persen total volume kargo di benua Eropa.

Pelabuhan di tubir Laut Mediterania menjadi kawasan paling sibuk di Eropa, setidaknya 10 dari 20 pelabuhan tersibuk tadi berlokasi di sepanjang garis pantai Laut Tengah ini.

Menyusul pelabuhan di kawasan Pantai Utara sebanyak 8 pelabuhan. Dua sisanya berada di pantai Atlantik. Pelabuhan Rotterdam di Belanda paling sibuk di antara 20 pelabuhan itu.

Total bongkar muat barang sebanyak 433.293 ton melalui pelabuhan ini, setara 9 persen total volume bongkar muat barang di Eropa. Pelabuhan Antwerp di Belgia, tetangga dekatnya menyusul di urutan kedua sebanyak 201.202 ton.

Pelabuhan Hamburg di Jerman berada di urutan ketiga sebanyak 118.761 ton. Berdasarkan negara, Belanda menjadi pelabuhan tersibuk di Eropa dengan total kargo bongkar muat melalui sini sebanyak 531.800 ton, Pelabuhan Amsterdam mengangkut sebanyak 98.517 ton.

Selain Belanda, tentu saja Spanyol dengan dua pelabuhannya, yakni Algeciras di Andalusia, persisnya di Provinsi Cadiz, serta Valencia masing-masing 83.493 ton dan 60.116 ton. Kedua pelabuhan ini juga paling dekat ke tubir Samudera Atlantik.

Pelabuhan di Turki juga dengan dua pelabuhan tersibuk, yakni Izmit dan Botas, masing-masing mengangkut 72.690 ton dan 70.917 ton, menempel Spanyol di urutan selanjutnya sekaligus mewakili pelabuhan tersibuk di Laut Mediterania sekaligus pintu masuk ke Asia.

Mengunci di urutan terakhir, berdasar total tonasi, Prancis dengan dua pelabuhannya, yakni Marseille dan Le Havre, masing-masing 75.617 ton dan 66.104 ton.

(*)

Bagikan