Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Habis Menjabat Truman Numpang Rumah Mertua, Siapa Presiden Terkaya Amerika Serikat?

3 min read

presiden harry truman, habis menjabat presiden amerika serikat nyaris bangkrut saat berbisnis sehingga hidup dengan mengandalkan uang pensiun/foto via history.com

Habis Menjabat Truman Numpang Rumah Mertua, Siapa Presiden Terkaya Amerika Serikat?

angkaberita.id – Kendati berstatus negara terkaya di dunia, setidaknya berdasarkan produk domestik bruto (PDB), tak semua Presiden Amerika Serikat kaya raya setelah menjabat.

Presiden Harry Truman semisal, nyaris bangkrut dan tinggal menumpang di mertuanya setelah lengser dari kekuasaan. Sejak itu, Truman mengandalkan hidupnya dari uang pensiunan.

Kendati tak memiliki warisan dari orang tuanya, setelah menduduki presiden ke-33 di Negeri Paman Sam, Truman terjun ke bisnis pertambangan dan migas.

Namun gejolak keuangan menerpa usahanya sehingga aset perusahaannya rontok. Kendati terseok-seok bisnisnya, Truman tidak mengajukan pailit ke negara. Dia terus bertahan semampunya, termasuk dengan memboyong Bess, sang istri pulang ke rumah mertua.

Berbeda dengan Truman, sejumlah Presiden Amerika Serikat berikut ini dikenal tajir berkat harta kekayaannya, termasuk dari warisan. Lalu berapakah sebenarnya pendapatan seorang presiden di Amerika Serikat?

Mengutip data worldatlas, per tahun presiden mendapatkan gaji 400 ribu dolar, setara Rp 4 miliar dengan kurs Rp 10 ribu per dolarnya, belum termasuk tunjangan dan insentif lainnya seperti tunjangan kepresidenan sebesar 50 ribu dolar per tahun.

Kemudian tunjangan perjalanan bebas pajak 100 ribu dan tunjangan hiburan 19 ribu dolar setahunnya. Di masa awal, gajinya tak sebesar itu. Presiden George Washington semisal,

rerata pendapatan setahunnya 25 ribu dolar, meskipun terlihat kecil namun dengan kurs berlaku 2018 nilainya setara 669.469 dolar alias lebih besar dari gaji tahunan Presiden Donald Trump sekarang.

Gaji 400 ribu per tahun juga baru berlaku sejak tahun 2001, alias di masa George Bush Jr. Sebelumnya gaji tahunan hanya 200 ribu dolar, Konggres setuju menggandakannya demi sejumlah pertimbangan saat itu.

Kendati demikian, pendapatan gaji presiden dibanding dengan kekayaan pribadi masing-masing terbilang kecil. Sebagai perbandingan, presiden sebelum tahun 1845 sebagaian besar hartawan lantaran berstatus tuan tanah dengan perkebunan luas dan memiliki banyak budak.

Seluruh Presiden Amerika Serikat yang menjabat setelah tahun 1925 tercatat merupakan milyuner, kecuali Harry Truman. Sumber pendapatan utama mereka berasal dari penghasilan bisnia dan usahanya.

Hanya Presiden Bill Clinton bukan pengusaha, dia merupakan mantan Gubernur Arkansas. Kekayaannya berasal dari honor menjadi narasumber di sejumlah forum bergengsi.

Lalu siapa presiden terkaya di sana? Kendati kontroversial, Presiden Donald Trump dicatat merupakan presiden terkaya hingga sejauh ini. Meskipun tidak diketahui angka pasti kekayaannya, namun diperkirakan hartanya menembus angka 3,1 miliar dolar.

Sehingga menjadikannya presiden terkaya, bahkan hartanya setara kekayaan semua mantan presiden digabungkan. Berikut daftar presiden terkaya Amerika Serikat dan kisah di baliknya:

1. Donald Trump

Presiden ke-45 Amerika Serikat ini diyakini memiliki kekayaan 3,2 miliar dolar, bahkan ada mengklaim setara 8 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari padang golf dan real estate kelolaannya di sekujur dunia. Orang tua Trump juga dikenal sebagai pengusaha real estate besar di New York.

2. John Fitzgerald Kennedy (JFK)

Ikon Amerika Serikat, Presiden JFK berkursi di Gedung Putih sejak 1963 sebagai presiden ke-35 sebelum terbunuh di Dallas, Texas. Kekayaannya menempel Trump setara 1,3 miliar dolar.

Sebagian besar warisan dari sang ayah, Joseph Kennedy yang mantan senator di sana. Keluarga Kennedy juga memiliki yayasan keluarga. Sumber lainnya diperkirakan berasal dari sang istri, Jacqueline Bouvier yang berasal dari keluarga kaya. Ayah tirinya merupakan taipan perusahaan minyak.

3. George Washington

Jenderal besar Amerika Serikat saat perang melawan Inggris ini akhirnya dipilih menjadi presiden pertama di Amerika Serikat. George Washington hingga kini tercatat sebagai presiden terkaya.

Selain pendapatannya sebagai presiden, Washington juga memiliki lahan seluas 50 ribu hektare perkebunan, dengan taksiran nilai setara 587 juta dolar.

4. Thomas Jefferson

Thomas Jefferson, tak hanya pendiri Partai Demokrat di Amerika Serikat. Dia juga dikenal sebagai presiden paling kosmopolitan di sana berkat sepak terjangnya sebagai diplomat dan menjadi dubes Amerika Serikat di Inggris dan Prancis.

Jefferson juga merupakan penulis proklamasi kemerdekaan Amerika Serikat. Kekayaannya berasal dari harta warisan sang ayah berupa lahan, termasuk properti di Monticello Estate seluas 3.000 acres dan sejumlah budak pekerjanya.

Namun dia sempat kepeleset saat berinvestasi dalam bisnisnya dan terjerat utang hingga akhir hayatnya. Kendati demikian, dia dikenang sebagai presiden terkaya di sana dengan taksiran hartanya 236 juta dolar.

5. Theodore Roosevelt

Berasal dari keluarga kaya raya, Theodore Roosevelt termasuk presiden populer dan terkaya di Amerika Serikat. Mantan komisaris polisi di New York ini mendapatkan warisan kekayaan dari keluarga.

Kendati demikian, kepiawaian sang orangtua mengumpulkan harta tak menuurun ke dirinya. Seperti Jefferson, dia juga sempat terpeleset saat berbisnis sehingga merosot hartanya saat berinvestasi di South Dakota dan North Dakota, keduanya negara bagian di Amerika Serikat.

Namun sejarah Amerika Serikat mengenangnya dengan nama harum. Monumen di Gunung Rushmore menjadi buktinya, wajahnya terpahat di gunung granit itu bersama empat presiden lainnya, termasuk Jefferson dan Washington. (*)

Bagikan