Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

PNS Kepri Urutan Sembilan Besar di Sumatera, Pemprov Kepri PNS Kepangkatan Tiga Terbanyak

2 min read

pns di kepri hanya lebih banyak jumlahnya dibanding provinsi bangka belitung. pns di pemprov kepri paling banyak jenjang kepangkatan dan golongan tiga. foto ilustrasi pns/ foto radarmadiun via jawapos.com

PNS Kepri Urutan Sembilan Besar di Sumatera, PNS Pemprov Kepri Kepangkatan Tiga Terbanyak

angkaberita.id – Dalam sebulan terakhir, Pemprov Kepri dihebohkan dengan penangkapan dua pejabatnya akibat kasus narkoba. Kasus pertama di Jambi pertengahan Mei 2019, kini ditangani Polda Jambi. Penangkapan terakhir beberapa hari lalu, kasusnya dalam pengusutan Polresta Tanjungpinang.

Profesi PNS belakangan memang menjadi sorotan, termasuk saat pelaksanaan pemilu 2019 lalu. Bahkan, dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, soal PNS mencuat terkait kenaikan gaji.

Sebagai bagian administrasi pemerintahan, keberadaan mereka niscaya dan diperlukan bagi fungsi birokrasi negara. Prinsip rentang kendali pemerintahan menjadikan mereka ujung tombak terselenggaranya standar pelayanan prima pemerintahan hingga ke daerah, termasuk di Kepri.

Paling menyita perhatian publik, tentu saja heboh terancam molornya pencairan THR dan gaji ke-13 bagi PNS daerah beberapa waktu lalu, kendati belakangan kehebohan itu mereda seiring cairnya tunjangan itu.

Kehebohan berikutnya, terbitnya mekanisme baru sanksi pemecatan PNS melalui Peratutan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS. Presiden Joko Widodo telah meneken beleid-nya pada 26 April 2019.

Berdasar ketentuan ini, PNS berprestasi bakal mendapatkan apresiasi berupa promosi ke jalur suksesi di instansi tempatnya bekerja. Sebaliknya, kinerja di bawah standar sanksi pemecatan menunggu, termasuk pelanggaran mangkir kerja.

Selain PNS daerah, di Kepri juga terdapat PNS pusat seperti instansi vertikal dan tugas perbantuan lainnya. PNS di Pemprov Kepri masuk PNS daerah dengan pembiayaan keperluan organisatorialnya dibebabkan ke APBD.

Nah, berapakah jumlah PNS di Pemprov Kepri dan jajarannya? Berdasar data BPS, per 2017 terdapat sebanyak 5.145 orang. Jumlah ini meningkat 100 persen dibanding tahun 2012, sebanyak 2.209 PNS.

Pendidik dan tenaga kependidikan SMA/SMK paling banyak jumlahnya, yakni 2.330 orang. Berdasar jenjang kepangkatan, terbanyak golongan III, yakni sebanyak 3.565 orang. Kemudian golongan IV sebanyak 835 orang. Selanjutnya golongan II sebanyak 735 dan golongan I sebanyak 19 PNS.

Secara keseluruhan, per tahun 2015, jumlah PNS di Kepri sebanyak 29.000, termasuk PNS di Pemprov Kepri. Di Sumatera, Kepri berada di urutan ke-9 jumlah PNS, Provinsi Bangka Belitung mengunci posisi 10 besar dengan 28.400 PNS.

Empat provinsi teratas, yakni Sumatera Utara. Kemudian Aceh, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat. Selain berstatus provinsi tua, keempatnya juga masuk 10 besar provinsi dengan jumlah PNS terbanyak di tanah air, posisi pertama ditempati DKI Jakarta. (*)

Bagikan