free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pulau ‘Perawan’ di Bintan, Kecamatan Tambelan Paling Banyak

1 min read
kabupaten bintan memiliki banyak pulau belum berpenghuni, kecamatan tambelan paling banyak. foto suasana permukiman di tambelan dari udara/foto humas pemkab bintan via tanjungpinangpos.i

Pulau ‘Perawan’di Bintan, Kecamatan Tambelan Paling Banyak

angkaberita.id –Kepri termasuk provinsi dengan jumlah pulau terbanyak secara nasional. Bahkan, jumlahnya hampir dua pertiga jumlah pulau di Pulau Sumatera. Per 2017, berdasar provinsi, Kepri merupakan rajanya pulau dengan jumlah sebanyak 1.796.

Keseluruhan di Pulau Sumatera terdapat 3.665 pulau Khusus di Kepri, bukan Natuna atau Anambas, tapi Lingga kabupaten dengan pulau terbanyak, yakni 531 pulau. Sedangkan Tanjungpinang paling sedikit jumlah pulaunya, hanya 9 saja.

Sedangkan Kabupaten Bintan, berdasar data, terdapat 272 pulau. Jumlah ini tersebar di 8 dari 10 kecamatan yang ada. Sebaran terbanyak di Kecamatan Bintan Pesisir dan Kecamatan Tambelan.

Hanya Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Bintan Timur yang seluruh wilayah administratifnya berada di daratan.

Dari 272 pulau, jumlah pulau yang telah berpenghuni sebanyak 39 saja. Selebihnya masih pulau kosong orang. Kecamatan Tambelan dan Bintan Pesisir bersama-sama menjadi kecamatan dengan jumlah pulau terbanyak di Kabupaten Bintan, yakni sebanyak 77 pulau.

Bedanya, koleksi pulau di Tambelan lebih banyak yang belum berpenghuni dibanding Bintan Pesisir. Jumlah pulau belum berpenghuni di Tambelan sebanyak 72, sedangkan di Bintan Pesisir 61 pulau.

Secara total di Kabupaten Bintan terdapat 233 pulau belum berpenghuni alias masih “kosong” dan tersebar di 8 kecamatan, paling sedikit Kecamatan Bintan Utara yakni 5 pulau. (*)

Bagikan