Fri. Jul 26th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tahun 2019: Messi Atlet Terkaya Dunia, Federer Atlet Bintang Iklan Paling Tajir

2 min read

messi tak hanya membawa barcelona juara la liga di spanyol, tahun 2019 juga mencatatkan dirinya sebagai atlet terkaya dunia dengan pendapatan setahun 127 juta dolar/foto via www.givemesport.com

Tahun 2019: Messi Atlet Terkaya Dunia, Federer Atlet Bintang Iklan Paling Tajir

angkaberita.id – Kendati kalah jauh dibanding Leonel Messi soal pendapatan tahunan, namun petenis Roger Federer boleh berbangga lantaran merupakan atlet dengan perolehan pendapatan dari sponsor terbesar di dunia.

Seperti ditulis Statista mengutip data Forbes, tahun 2019 Leonel Messi menjadi atlet dengan pendapatan terbesar di dunia, yakni 127 juta dolar. Menempel di urutan kedua ialah rival beratnya, Christiano Ronaldo dengan pendapatan sebesar 109 juta dolar.

Urutan ketiga hingga kelima, masing-masing, Neymar. Menyusul kemudian Canelo Alvarez dan Roger Federer. Berdasar cabang olahraga, sepakbola mendominasi dengan menempatkan tiga nama besarnya, yakni Messi, Ronaldo dan Neymar.

Kemudian Tinju lewat Canelo Alvarez dan tenis melalui Federer. Bola basket masuk 10 besar, persisnya urutan kedelapan hingga 10 besar melalui bintang NBA, yakni LeBron James ke-8, Stephen Curry ke-9 dan Kevin Durant di 10 besar.

Sepakbola ala Amerika, alias rugby berada di urutan 6 dan 7 melalui bintan NFL, yakni Russell Wilson dan Aaron Rodgers. Namun soal pendapatan dari pengiklan, Federer boleh jemawa dari Messi. Bintang Barcelona hanya laku 35 juta dolar, Federer laris manis hingga membukukan pendapatan 86 juta dolar.

Hitungannya 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019, Federer bertakhta di singgsana atlet laris manis bintang iklan. Sedangkan Messi justru berada di urutan kedelapan. Dia kalah dari pegolf Tiger Woods dan pebasket LeBron James. Dia juga tak selaris Christiano Ronaldo sebagai bintang iklan.

Pendapatan terbesar Federer disumbang Uniqlo, pesaing Nike dari Jepang. Selama 10 tahun terakhir, Federer mendapatkan kontrak senilai 300 juta dolar. Sejak menjadi petenis profesional,

roger federer mengangkat piala usai menjuarai turnamen australia terbuka. petenis asal swiss ini menjadi atlet paling laris sebagai bintan iklan dengan pendapatan hingga 84 juta dolar sepanjang 2018-2019/foto
Twitter(@AustralianOpen via www.dnaindia.com

Federer memang terus setia memakai apparel pabrikan Jepang itu, hingga namanya melejit dan merajai takhta tenis dunia dengan 20 gelar, jauh di atas pesaing dekatnya Rafael Nadan dan Novak Djokovic.

Prestasi ini dan sikap di luar lapangannya membuat sponsor kesengsem dan terus memakainya sebagai endorser, kendati usianya tak lagi muda. Merujuk Forbes, selain Uniqlo petenis langganan juara Wimbledon di Inggris ini, juga menggaet merek terkenal sebagai sponsor personalnya,

seperti Mercedes-Benz, Rolex, Barilla, Wilson, dan sebagainya sehingga selama 12 bulan terakhir, per 1 Juni 2019 lalu, pendapatan bersihnya setara 86 juta dolar dari sponsor saja. Angka ini bahkan, mengalahkan total hadiah turnamen tenis grand slam yang dijuarainya pada periode yang sama, yakni 7,4 juta dolar. (*)

Bagikan