Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pulau Terbanyak: Kepri Juara di Indonesia, Swedia Terbanyak Dunia

2 min read

kepri merupakan provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di tanah air. secara global, indonesia bertengger di urutan lima besar dunia. swedia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia/foto via www.indonesiatravel.news

Pulau Terbanyak: Kepri Juara di Indonesia, Swedia Terbanyak Dunia

angkaberita.id -Swedia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, dengan jumlah sebanyak 221.000 pulau. Di benua Asia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak, yakni sebanyak 17.508 pulau.

Namun secara global, Indonesia bertengger di urutan lima besar. Di bawah Swedia, Finlandia, Norwegia dan Kanada. Semuanya berada di belahan bumi utara. Tiga negara pertama lazim disebut negara Skandinavia. Secara geografis berada di benua Eropa.

Sedangkan Kanada merupakan wakil benua Amerika dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Secara nasional, berdasar riset katadata, Kepri menjadi provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di tanah air.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, secara keseluruhan terdapat 17.504 pulau di sekujur negeri gula kelapa ini. Per 2004, Kepri memiliki 2.408 pulau, jauh di atas Papua Barat dengan jumlah pulau 1.945.

Provinsi Maluku Utara menyusul di urutan ketiga, dengan 1.474 pulau. Provinsi beribukota di Tanjungpinang, jumlah pulau setaranya 13,8 persen jumlah pulau secara nasional yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dari 34 provinsi, sekitar 70,5 persen jumlah pulau di tanah air tersebar di 10 provinsi saja. Di antara 10 provinsi dengan jumlah pulau terbanyak, Pulau Sumatera di antaranya Kepri, Bangka Belitung dan Aceh. Tujuh lainnya ialah NTB, NTT, Sulut, Sulteng, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat.

Pemandangan dari atas Pulau Sedanau, Kabupaten Natuna. Rumah-rumah warga berdiri menyatu dengan hamparan pantai/foto antara

Mengutip riset worldatlas, Indonesia duduk di urutan kelima dengan jumlah pulau 17.508. Situs ini, mengutip data CIA World Factbook, menulis Indonesia merupajan negara terbesar ke-14 dunia berdasarkan luas wilayah.

Kanada, merujuk data Statistics Canada, berada di urutan keempat dengan jumlah pulau 52.455. Pulau terbesarnya ialah Pulau Baffin dengan luas 195.927,93 mil persegi.

Sekitar 30.000 pulau di antaranya berada di kawasan Teluk Georgia sehingga menjadikannya satu-satunya kepulauan terbesar di kawasan berair tawar.

Norwegia bertakhta di peringakat ketiga dunia dengan 55.000 pulau. Pulau terbesarnya ialah Spitsbergen, satu-satunya pulau berpengjhuni di kawasan Svalbard.

Kemudian Finlandia menempel ketat Swedia, tetangga Nordik-nya, dengan 188.000 pulau. Badan pariwisata Finlandia menyebut, negeri ini memiliki 179.584 pulau. Namun hanya 455 pulau saja berpenghuni.

Lalu berapa jumlah pulau di Swedia? Sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia, negeri identik dengan legenda Viking ini memiliki 221.800 pulau. Sebagian besar pulau kosong.

Bahkan, Stockholm ibukota negara berlokasi di gugusan 14 kepulauan yang terhubung melalui 50 jembatan, termasuk kota abad pertengahannya, Gamla Stan yang melegenda. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan