free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kesehatan di Karimun: Puskesmas Banyak di Moro, Karimun-Meral Klinik Terbanyak

2 min read
berdasar data bps per 2017 puskesmas di karimun terbanyak di kecamatan moro, sedangkan klinik terbanyak di kecamatan meral dan karimun/foto via health.detik.com

Kesehatan di Karimun: Puskesmas Banyak di Moro, Karimun-Meral Klinik Terbanyak  

angkaberita.id – Kecamatan Tebing dan Kecamatan Moro menjadi rujukan layanan kesehatan di Karimun, jika ukurannya jumlah fasilitas kesehatan setempat. Kecamatan Tebing memiliki dua rumah sakit, Kecamatan Moro terdapat dua Puskesmas.

Namun berdasar jumlah fasilitas kesehatan, Kecamatan Moro bersaing dengan Kecamatan Karimun dan Kecamatan Meral. Dua kecamatan terakhir memiliki lebih banyak klinik kesehatan, masing-masing 5 unit.

Keseluruhan di Kecamatan Moro terdapat 17 fasilitas kesehatan. Sedangkan Kecamatan Karimun memiliki 12 fasilitas kesehatan. Menyusul kemudian Kecamatan Kundur dan Kecamatan Meral, masing-masing 10 fasilitas kesehatan.

Di urutan kelima, Kecamatan Kundur Barat dengan 9 fasilitas kesehatan. Sedangkan Kecamatan Tebing, kendati hanya memiliki 7 fasilitas kesehatan, namun 2 di antaranya berlevel rumah sakit dengan tenaga dokter spesialis melimpah.

Berdasar data, per 2017 ternyata belum semua kecamatan di Kabupaten Karimun memiliki Puskesmas. Dari 10 kecamatan, 2 kecamatan belum memiliki Puskesmas, masing-masing Kecamatan Ungar dan Kecamatan Meral Barat.

Uniknya, secara keseluruhan di Karimun terdapat 11 Puskesmas, 2 unit di antaranya berdiri di Kecamatan Moro. Beruntung, Pemkab Karimun menambalnya dengan 37 Puskesmas Pembantu. Sebarannya merata di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Meral.

Di Kecamatan Moro sendiri tercatat ada 8 Puskesmas Pembantu. Terbanyak di Karimun. Menyusul kemudian Kecamatan Kundur dan Kecamatan Belat, masing-masing 5 dan 4 Puskesmas Pembantu.

Melengkapinya, Pemkab menyediakan juga 37 Puskesmas Keliling, terdiri 29 Puskesmas Keliling Darat dan 9 Puskesmas Keliling Laut, dengan sebaran menyesuaikan kondisi geografis kecamatan bersangkutan.

Puskesmas Keliling Darat semisal, 29 layanan hanya tersebar pelayanannya ke 7 kecamatan dengan jumlah Puskesmas Keliling terbanyak di Kecamatan Kundur sebanyak 5 unit.

Sebanyak 24 unit lainnya tersebar merata di 6 kecamatan lainnya. Hanya 3 kecamatan tak memiliki layanan ini, yakni Kecamatan Ungar, Kecamatan Belat dan Kecamatan Meral Barat.

Puskesmas Keliling Laut terdapat 9 unit, layanan tersebar di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Moro, Kecamatan Durai, Kecamatan Ungar, Kecamatan Belat dan Kecamatan Buru. Terbanyak unitnya di Kecamatan Moro dan Kecamatan Durai.

Layanan kesehatan lainnya, seperti klinik, keseluruhan di Karimun terdapat sebanyak 14 unit. Sebaran terbanyak di Kecamatan Karimun dan Kecamatan Meral, masing-masing 5 klinik.

Sedangkan 4 unit sisanya bisa ditemukan di Kecamatan Meral Barat sebanyak 2 klinik serta Kecamatan Kundur dan Kecamatan Kundur Barat, masing-masing satu unit.

Sebagai rujukan kepentingan medis, Pemkab Karimun menyediakan 2 rumah sakit daerah dan keduanya berlokasi di Kecamatan Tebing. Di sini, berdasar data, terdapat sedikitnya 18 dokter umum, 41 dokter spesialis dan 2 dokter gigi.

Secara total di Karimun terdapat 122 dokter. Dengan perincian sebanyak 66 dokter umum, 48 di antaranya berdinas di Puskesmas dan Dinkes Karimun, masing-masing 44 dan 4 dokter. Kemudian 41 dokter spesialis dan semuanya bertugas di rumah sakit Karimun.

Dokter gigi sebanyak 16, dengan sebaran terbanyak di Puskesmas, yakni sebanyak 10 dokter. Selebihnya bertugas di rumah sakit dan Dinkes Karimun, masing-masing 2 dan 3 dokter gigi.

Lalu bagaimana dengan apotik, toko obat dan dokter praktek di Karimun? Mengutip data BPS Karimun, dalam laporannya ditulis data tak tersedia alias not available (N/A). Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan