Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sepakbola Liga Jerman Paling Banyak Penonton di Dunia, Tribun Tanpa Kursi Biangnya

2 min read

bundeliga atau liga jerman masih menjadi liga sepakbola dengan jumlah penonton terbanyak di dunia, bahkan mengungguli liga inggris yang dikenal paling kompetitif di dunia. tribun tanpa kursi menjadi alasan di baliknya/foto en.wikipedia.org

Sepakbola Liga Jerman Paling Banyak Penonton di Dunia, Tribun Tanpa Kursi Biangnya

angkaberita.id – Liga Inggris diyakini paling kompetitif di dunia. Selain banyak laganya disiarkan televisi, musim ini klub Liga Primer Inggris juga perkasa klub pesertanya.

Liga Inggris mengirimkan empat penggawanya ke partai puncak Liga Eropa dan Liga Champions 2019 sekaligus mematahkan dominasi La Liga di Spanyol. Istimewanya semua laga all england final!

Terbaru, Chelsea merengkuh tropi Liga Eropa 2019 setelah menyudahi perlawanan rival sekota, Arsenal dengan skor 4-2. Puncaknya akhir pekan ini, duel Liverpool kontra Tottenham Hotspur di final Liga Champions.

Berdasar catatan, pamor Liga Inggris memang terbilang stabil dibanding liga lain di sekujur benua eropa, bahkan level dunia. Selain banyak ditonton, liga ini juga bergelimang dana segar investasi sejumlah taipan kaya lewat sejumlah klub.

Sejumlah pelatih hebat juga beradu strategi di sini, sebut saja Josep Guardiola, Juergen Klopp dan sebagainya. Sejumlah pemain kelas atas juga tak sedikit merumput di sini.

Bahkan, sebagian menyebutnya Liga Inggris menjadi sandungan bagi nama besar. Christiano Ronaldo dan Leonel Messi bisa disebut langganan pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol, namun keduanya seperti mati kutu kalau berlaga di Liga Inggris.

Christiano Ronaldo telah merasakannya sendiri selama berkarir di Manchester United. Urusan mencetak gol terbanyak di Liga Inggris tak selalu identik dengan dirinya.

Indikasi lainnya Liga Inggris memang selangkah di depan dibanding liga lainnya, tentu saja soal urusan penonton. Sejarah Liga Inggris sendiri mengenal hooligans, semacam pendukung fanatik klub.

Bonek kalau istilah Liga Indonesia khusus penggila Persebaya Surabaya, The Viking di Persib Bandung atau The Jakmania di Persija Jakarta. Bahkan, di sejumlah liga di benua eropa mereka memiliki tribun penonton khusus di stadion kandangnya.

Namun ironisnya, berdasar riset, bukan Liga Inggris yang paling sukses mendatangkan penonton melimpah ke stadion melainkan Liga Jerman alias Der Bundesliga.

Laporan publikasi CIES Football Observatory, seperti dikutip statista mengungkap, rerata penonton laga di Liga Inggris sepanjang 2013-2018 sebanyak 36.675 orang. Liga Jerman pada periode sama jumlah penontonnya tembus 43,302.

Namun angka ini lantaran Liga Jerman masih menyediakan tribun tanpa tempat duduk sehingga penonton bisa menyaksikan tim kesayangannya dengan harga tiket murah, tapi berdiri. Sehingga mendongkrak jumlah rata-rata penonton ke stadion. Liga Inggris nyaris tak ada. Jadi pendukung Liga Inggris tak perlu berkecil hati! (*)

Bagikan