Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sepeda Motor di Kepri, Jumlah di Batam Ungguli Gabungan Empat Kabupaten

2 min read

jumlah sepeda motor di Batam terbanyak di Kepri. jumlahnya bahkan melebihi gabungan empat kabupaten sekaligus. ilustrasi parkiran sepeda motor/foto kompas.com via gridoto.com

Sepeda Motor di Kepri, Jumlah di Batam Ungguli Gabungan Empat Kabupaten

angkaberita.id – Keterbatasan moda transportasi umum di Kepri menjadikan sepeda motor pilihan utama warga beraktivitas, termasuk antar pulau.

Tak heran, kepemilikan sepeda motor di Kepri terbilang tinggi meskipun sebagian besar masih terkonsentrasi di Batam dan Tanjungpinang. Bahkan, sepeda motor di Batam jumlahnya masih lebih banyak dibanding empat kabupaten di Kepri.

Berdasar pulau, sebaran sepeda motor terbanyak di Pulau Batam, baru kemudian Pulau Bintan. Kemudian Pulau Karimun. Merujuk data, per 2017 tercatat di Kepri terdapat sebanyak 986.796 unit sepeda motor dan tersebar di enam dari tujuh kabupaten dan kota. Kabupaten Anambas tidak terdapat datanya.

Konsentrasi terbesar di Batam sebanyak 528.114 unit. Tanjungpinang menyusul di urutan kedua sebanyak 230.498 unit. Jumlah di Batam dan Tanjungpinang sudah setara dengan 76,87 persen atau dua pertiga total sepeda motor di Kepri.

Sisanya tersebar di empat kabupaten, yakni Karimun sebanyak 97.625 unit. Bintan 91.541 unit, Natuna 18.907 dan Lingga sebanyak 20.111 unit. Konsentrasi sepeda motor di Batam agaknya tak berlebihan lantaran sebagian besar dealer sepeda motor utama juga berada di sini.

Seperti Honda, Yamaha dan Suzuki. Belum termasuk merek sepeda motor lainnya. Nama-nama seperti Capella Dinamik Nusantara (Honda), Alfa Scorpii dan Malaka Abadi (Yamaha) dan Roda Mas (Suzuki) sangat populer di Kepri.

Secara nasional, per 2017 jumlah sepeda motor di tanah air sebanyak 113.030.793 unit. Kondisi ini berbanding lurus dengan fakta kawasan Asia Pasifik merupakan pasar terbesar penjualan sepeda motor di dunia. Dari delapan kawasan dunia, pangsa pasar di Asia Pasifik per 2018 proyeksi penjualannya di angka 108,8 juta unit. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan