Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Negara-negara Presiden Amerika Serikat Tak Pernah Kunjungi, Ada Tetangga Dekat

2 min read

Presiden Donald Trump merupakan presiden ke-45 Amerika Serikat/foto reuters/jorge silva via kabar24.bisnis.com

angkaberita.id – Kata siapa Presiden Amerika Serikat telah paripurna mengunjungi semua negara di dunia? Berdasar data, dari 195 negara di dunia, ternyata ada 84 negara tak pernah dikunjungi presiden Amerika Serikat sama sekali.

Sebagian lokasinya jauh, sebagian lainnya lantaran negaranya kepulauan kecil. Paling mengejutkan, sebagian di antaranya malah merupakan tetangga dekat Negeri Paman Sam sendiri.

Negara-negara di Amerika Tengah seperti Belize, Republik Dominika dan Bolivia belum pernah sekalipun dikunjungi presiden Amerika Serikat yang tengah menjabat, pengecualian Suriname.

Suriname masuk catatan Kantor Sejarah Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat bukan lantaran Presiden Amerika pernah kunjungan kenegaraan, tapi karena pesawat kepresidenan Air Force One singgah mengisi bahan bakar di sini.

Namun situasi negara-negara Amerika Tengah sedikit lebih baik dibanding benua Afrika. Di benua ini, hanya 16 dari 54 negara yang pernah menjadi tujuan kunjungan kenegaraan penguasa Gedung Putih.

Negeri kita terbilang beruntung, kendati tidak selalu tapi Indonesia tak terlupakan. Sejumlah presiden pernah ke Jakarta, paling terkenal tentu saja Presiden Barack H Obama.

Selain pernah melewatkan masa kecilnya di Jakarta, Obama juga berkunjung ke Indonesia setelah tidak menjabat. Bahkan, saat masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Obama sempat berucap ‘pulang kampung nih’ menggambarkan betapa terkesannya dia dengan Indonesia. Nama lain tentu saja Bill Clinton dan George Bush Jr.

Sedangkan negara di dunia yang sama sekali tak pernah dikunjungi ialah negara-negara di Asia Tengah. Boleh jadi inilah negara paling “terlupakan” dalam agenda kunjungan, berdasar data hampir tak pernah ada presiden berkunjung di sini.

Sejak proklamasi kemerdekaan 4 Juli 1776 telah 45 presiden berkuasa di Amerika Serikat, Donald Trump merupakan petahana di negara bersemboyan ‘e pluribus unum’ alias dari banyak menjadi satu.

Total tercatat sebanyak 195 negara di dunia, 193 di antaranya berstatus anggota persatuan bangsa-bangsa alias PBB. Mereka masing-masing tersebar di lima benua.

Sebanyak 54 negara di Afrika, 48 di benua Asia, 44 di tatar Eropa, kemudian 33 di daratan Amerika Latin dan Karibea, 14 berlokasi di Oseania atau Pasifik dan 2 di Amerika Utara. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan