Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Gunung Daik Paling Menjulang di Kepri, Gunung Kute Jadi Juru Kuncinya

2 min read

Gunung Daik di Kabupaten Lingga merupakan gunung tertinggi di Kepri./foto dediarman/kebudayaan.kemdikbud.go.id

angkaberita.id – Kendati berstatus daerah kepulauan, bentang alam di Kepri juga memiliki lanskap topografis provinsi daratan seperti Sumatera. Pun, memiliki gunung meskipun tidak berapi seperti di Pulau Jawa.

Memang elevasinya tidak setinggi gunung di daerah lainnya. Secara global, Gunung Everest di Nepal merupakan puncak tertinggi di dunia. Puncak Jaya di Papua merupakan gunung tertinggi di tanah air.

Di Kepri, Gunung Daik di Lingga, dengan ketinggian di atas permukaan laut 1.272 meter merupakan gunung tertinggi. Keseluruhan di Kepri, berdasar data terdapat 15 gunung dan tersebar di 5 kabupaten.

Hanya Batam dan Tanjungpinang dari total 7 kabupaten dan kota di Kepri yang tak bergunung. Sebaran terbanyak di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna, masing-masing 5 gunung.

Menyusul kemudian Kabupaten Anambas dengan 3 gunung. Selebihnya Kabupaten Bintan dan Karimun, masing-masing satu gunung. Gunung Kute, dengan ketinggian 232 menjadi gunung terendah, kendati kalau merujuk definsi gunung sebenarnya layak disebut bukit.

Kisaran ketinggian antara 232 meter hingga 1.000 meter, bahkan tak ada satupun yang berketinggian di angka 700 meter. Tiga gunung berketinggian kisaran 300 meter, kemudian 4 gunung tingginya berkisar 400 meter.

Hanya dua gunung memiliki ketinggian 500 meter. Sedangkan 3 lainnya secara berurutan tingginya di kisaran 600 meter, 800 meter dan 900 meter. Di Karimun, Gunung Jantan menjulang 478 meter menjadi satu-satunya puncak tertinggi.

Begitu juga dengan Gunung Bintan, menjadi satu-satunya gunung di Bintan, tingginya 380 meter. Di Anambas, Gunung Punjang menjadi puncak tertinggi, menjulang 433 meter.

Di Natuna, dengan ketinggian 959 Gunung Ranai menjadi gunung tertinggi. Terakhir di Lingga, Gunung Tanda menjadi puncak terendah di antara 5 gunung, tingginya 343 meter. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan