Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Hotel Berbintang di Bintan Bertambah 300 Persen, Puncaknya Tahun 2017

1 min read

bisnis perhotelan di Bintan hingga 2017 melesat tajam. Terjadi penambahan hotel baru hingga 300 persen sejak 2013. Foto suasana di kawasan Nirwana Garden Hotel and Resort di Lagoi/foto nirwanagardens.com

angkaberita.id – Soal pariwisata, Kepri agaknya bakal menjadi penantang serius Bali. Batam dan Bintan berduet menantang Denpasar seiring dengan meningkatnya arus kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air.

Pelabuhan Batam dan Bintan menjadi nomor satu pintu masuk arus pelancong asing melalui jalur laut. Sedangkan Bandara Ngurah Rai, Denpasar menjadi gerbang utama masuknya turis jiran berwisata ke Indonesia lewat rute udara.

Keseriusan Kepri, terutama Bintan juga dapat ditelusuri dengan penyediaan sarana akomodasi seperti hotel berbintang. Bahkan, selama periode 2013-2017 terjadi penambahan jumlah hotel secara signifikan.

Berdasar data, jumlah hotel selama kurun lima tahun itu, melesat 300 persen. Dari sebelumnya 9 hotel berbintang di tahun 2013 menjadi 27 pada tahun 2017. Penambahan tertinggi terjadi di tahun 2017. Tercatat ada penambahan sebanyak 12 hotel berbintang.

Berdasarkan sebarannya, terbanyak di Kecamatan Teluk Sebong sebanyak 17 hotel. Secara total 27 hotel tersebar di 4 dari 10 kecamatan di Bintan. Semuanya berstatus bintang, 9 di antaranya hotel berbintang lima.

Kecamatan Gunung Bintan menyusul dengan 8 hotel, 3 di antaranya berstatus bintang 4. Menyusul kemudian Kecamatan Teluk Bintan dan Toapaya, masing-masing satu hotel berbintang.

Khusus Kecamatan Teluk Sebong, lokasi hotel berbintang paling banyak di Kelurahan Sebong Lagoi. Yakni, sebanyak 16 hotel. Selebihnya di Kelurahan Sebong Pereh. Jadi bisa dikatakan, Kelurahan Sebong Lagoi juaranya jumlah hotel berbintang lima. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan