Mon. Oct 25th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Apa Beda Aset Tidur dan Aset Tidak Liquid? Warisan Masuk Mana?

1 min read

tanah, bumi dan isinya bukanlah harta generasi ini, tapi warisan generasi masa depan/foto www.hukumonline.com

angkaberita.id –Orang biasanya memahami aset sebagai harta kepemilikan. Bentuknya juga tak jauh dari tanah, rumah dan bangunan. Bentuk lainnya semisal kendaraan bermotor, tabungan dan sebagainya.

Bagaimana dengan warisan? Apakah termasuk aset juga? Lalu apa bedanya aset tidur dan aset tidak liquid? Mari sama-sama belajar pengertiannya dulu:

Aset Luwes

Harta warisan yang dapat segera digunakan untuk melunasi utang dan atau kewajiban lain pewaris (pemberi waris); aset fleksibel (asset enter mains).

Aset Moneter

Uang atau hak untuk menerima uang yang jumlahnya sudah pasti atau dapat ditentukan tanpa dikaitkan dengan harga barang-barang dan jasa pada masa datang (monetary asset).

Aset Peka Perubahan Bunga

Aset bank, terutama pinjaman, yang nilainya dipengaruhi oleh perubahan suku bunga, baik karena batas waktu maupun karena penilaian kembali sesuai dengan indeks suku bunga yang ada;

Kemudian penyesuaian nilai aset ditetapkan berdasarkan fluktuasi indeks biaya dana atau tingkat suku bunga dan prime bank, seperti surat berharga pemerintah (treasury bill), tingkat suku bunga bank, seperti pinjaman konsumen dengan suku bunga variabel (interest sensitive assets).

Aset Tak Liquid

Aset yang tidak mudah diuangkan; aset seperti antara lain, berupa gedung dan mesin (illiquid asset).

Aset Tidur

Aset yang tidak produktif dalam operasional sehari-hari karena pemakaiannya insidental, misalnya mesin pembangkit listrik (genset) yang hanya digunakan pada saat listrik padam; selama mesin tersebut tidak dipakai, aset itu disebut aset tidur (dead asset).

Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan