Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Anambas Jadi Buruan Dokter Gigi Dibanding Dokter Spesialis, Ini Angka-angkanya

1 min read

Dibanding dokter spesialis, di Kabupaten Anambas ternyata lebih banyak dokter giginya/foto /dentamaxuae.com via hipwee.com

angkaberita.id-Kabupaten Anambas agaknya menyimpan daya tarik spesial bagi dokter gigi. Berdasar data, per 2017 setidaknya terdapat 8 dokter gigi. Jauh di atas jumlah dokter spesialis, yakni 6 orang. Secara total di Kabupaten Anambas terdapat 38 dokter, 24 di antaranya dokter umum.

Bandingkan dengan Batam. Pada tahun 2017, riset BPS mencatat terdapat 286 dokter spesialis dan 190 di antaranya buka praktik di rumah sakit swasta. Sedangkan jumlah dokter gigi hanya 87 orang. Secara total ada 770 dokter.

Lokasi RSUD Anambas/ foto anambaskab.go.id

Di Anambas, sebanyak 8 dokter gigi itu buka praktik hampir merata. Total mereka terdaftar di 5 dari 7 kecamatan di Kabupaten Anambas, bahkan tiga kecamatan yakni Jemaja, Jemaja Timur dan Siantan malah masing-masing terdapat dua dokter gigi praktik. Sisanya di Kecamatan Siantan Tengah dan Palmatak, masing-masing seorang dokter praktek.

Sedangkan dokter spesialis, hanya dapat dijumpai di Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Jemaja. Dari 6 dokter spesialis di Anambas, 4 orang di antaranya berpraktik di Kecamatan Palmatak. Lima kecamatan lainnya malah tidak ada sama sekali dokter spesialis. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan