Tue. Apr 16th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Ikan Paus Melahap Sebagian Tubuhnya, Pria Ini Selamatkan Diri Secara Dramatis

2 min read

Ikan Paus via Intisari.grid.id

angkaberita.id – Kejadian dramatis menimpa Rainer Schimpf (51), pakar konservasi laut, saat tengah merekam pergerakan ikan sarden bulan lalu di lepas pantai Port Elizabeth, Afrika Selatan.

Saat itu dia secara tak sengaja terseret ke dalam mulut seekor paus Bryde’s. “Dari kegelapan laut muncul seekor paus Bryde mengarah ke gerombolan ikan itu lalu menelan mereka semua,” ujar Rainer kepada AFP.

Dia menambahkan, saat itu seluruh tubuhnya sudah berada di dalam mulut paus tersebut dan hanya kakinya yang masih berada di luar. Silke, istri Rainer, dan seorang fotografer menyaksikan peristiwa mengerikan itu dari atas perahu mereka.

“Saya merasakan tekanan di sekitar pinggang saya dan saya langsung tahu apa yang terjadi,” kata Rainer. “Paus itu secara tak sengaja menelan saya bersama dengan santapannya, ikan sarden,” katanya.

Rainer, seorang pakar konservasi kelautan dengan pengalaman 20 tahun, mengatakan, peristiwa itu hanya berlangsung beberapa detik. “Saya tidak tinggal di perut paus selama tiga hari seperti Nabi Yunus dalam Alkitab,” kata Rainer lagi.

Sesaat kemudian, paus tersebut menyadari kesalahannya dan membuka mulut sehingga Rainer bisa melepaskan diri. “Saya terlempar keluar dengan berton-ton air dari mulut paus itu,” kata Rainer.

Akhirnya, Rainer berhasil mencapai permukaan laut dan bergabung kembali dengan rekan-rekan penyelam yang sebagian besar tak mengetahui peristiwa luar biasa itu.

“Kami kembali ke perahu dan memeriksa apakah kamera kami baik-baik saja. Tak ada tulang yang patah jadi semua baik-baik aja,” lanjutnya.

Pengalaman nyaris mati ini ternyata tak membuat Rainer jeri atau kapok untuk bekerja di bawah laut. “Jika saya dilahirkan kembali, saya ingin menjadi seekor paus,” katanya.

Paus Bryde’s dewasa bisa mencapai bobot 30 ton dan biasa memangsa plankton atau ikan-ikan kecil. Selama berkarier, Rainer sudah mendokumentasikan berbagai perilaku hewan laut,

misalnya perilaku berburu paus Orca atau saat hewan itu membunuh lumba-lumba. (Intisari.grid.id/Ervan Hardoko/Kompas.com)

Bagikan