Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Selamat Datang Iklan Digital di Angkasa! Pakai Satelit, Hiasi Langit Malam

1 min read

Ilustrasi antariksa/Foto shutterstock via suara.com

angkaberita.id – Luar angkasa agaknya bakal menjadi bisnis masa depan. Setelah Elon Musk menawarkan wisata ulang alik ke bulan, Jepang baru-baru ini juga sukses mendaratkan modul antariksanya ke sebuah asteroid.

Keberhasilan itu bersamaan dengan keberhasilan China mendaratkan modul antariksanya ke permukaan bulan.

Terbaru, sebuah perusahaan berbasis teknologi di Rusia berencana memasang papan iklan di angkasa. Perusahaan bernama StartRocket berjanji merealisasikannya.

Dilansir dari Oddity Central, seperti dikutip laman situs suara.com, Kamis (28/2/2019) media iklan ini terbuat dari satelit yang disebut CubeSat. Satelit mungil ini nantinya mengorbit dari jarak 400-500 kilometer di atas bumi.

Mereka berharap bisa menggunakan sebuah satelit kubus kecil yang bisa menciptakan tampilan terprogram di langit malam. Iklan canggih ini nantinya hanya bisa disaksikan di malam hari.

Namun, media promosi ini bisa dilihat dari seluruh penjuru bumi. StartRocket sendiri sudah membuat purwarupa CubeSat. Rencananya, mereka akan menguji terobosan itu tahun depan.

“Kita hidup di alam semesta dan umat manusia haruslah mulai mengirim budayanya ke angkasa. Para pakar berpengalaman akan mewujudkan ide itu dengan lebih baik,” kata Vlad Sitnikov, pemimpin proyek StartRocket.

Sitnikov menyebut bahwa perusahaannya tengah mengembangkan purwarupa ide ini dengan bekerja sama dengan Institut Sains dan Teknologi Skolkovo di Moskow.

Rencana ini akan diuji coba pada awal tahun depan. Tapi, sejumlah hal masih belum jelas, seperti teknologi yang digunakan, dana perusahaan, hingga soal perizinannya. (*)

Bagikan