Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Mahathir Ingatkan Negara Asean Tidak Terperosok Seperti Timur Tengah. Ada Apa?

1 min read

Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia/Foto Reuters via straitstimes.com

angkaberita.id – Agar tak seperti Timur Tengah, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengingatkan negara-negara Asean agar membentengi dirinya dari upaya campur tangan kekuatan asing yang tengah berkonflik.

Dia tak ingin nantinya Asean terlibat dan terjebak pada perlombaan senjata. Berkaca dari Timur Tengah, kata Mahathir ketika kekuatan utama dunia dibiarkan campur tangan saat terjadi konflik,

negara-negara itu kini malah sibuk mempertahankan diri dengan berlomba-lomba menimbun persenjataan seakan hendak berperang satu sama lain.

Kondisi itu menurutnya, seperti dilansir laman situs straitstimes.com, Sabtu (23/2/2019) hanya membuat ketidakstabilan geopolitik Asean yang teduh sejauh ini.

Pernyataannya diungkapkan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifudin Abdullah saat membawakan pidato Mahathir pada konferensi di Kuala Lumpur.

“Kita tengah melihat benih-benih konfrontasi dan persaingan di wilayah kita,” kata Mahathir. “Garis telah dibentangkan, pangkalan tengah dibangun. Armada bergerak, tekanan terjadi,” sebut Mahathir dalam pesan pidatonya tanpa merinci maksudnya.

Namun Malaysia menurutnya, tidak akan berpihak dalam persaingan sejumlah kekuatan utama itu. Malaysia juga tidak akan menggantungkan pada aliansi militer atau kerjasama strategis.

Malaysia lanjutnya, akan melanjutkan prinsip non blok dengan tetap membuka pintu persahabatan bagi semua bangsa. (*)

Bagikan