Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Salju Hitam Tebar Ketakutan di Siberia

1 min read

Salju warna hitam di kawasan Siberia akibat beroperasinya kilang batu bara. Associated Press via The Aljazeera.com

angkaberita.id– Warga Prokopyevsk di Siberia, Rusia mengkhawatirkan kesehatan mereka menyusul turunnya salju warna hitam. Salju hitam itu diduga akibat beroperasinya kilang batu bara setempat.

Sejumlah warga mengkhawatirkan kondisi kesehatan anak-anak, terutama saat mereka bermain dan bersekolah di tengah kondisi penuh salju hitam dan kotor. Lainnya malah meyakini salju hitam itu berbahaya bagi kesehatan.

Seperti dilansir laman situs aljazeera.com, Selasa (19/2/2019) mengutip kantor berita AP, kota terdampak hujan salju hitam di antaranya Kuzbass. Kota ini berpenduduk 2,6 juta jiwa dan merupakan satu di antara sekian ladang batu bara terbesar di dunia.

Menghitamnya salju diduga akibat debu asap proses pengolahan batu bara. Laporan media setempat menyatakan, selain Kuzbass sejumlah kota lainnya seperti Kiselyovsk dan Leninsk-Kuznetsky di Siberia juga mengalami hal serupa.

Pihak berwenang di Kemerovo dilaporkan tengah menyelidiki kejadian ini. Mereka tengah mengusut adakah pelanggaran prosedur dalam pengelolaan kilang batu bara itu. (*)

Bagikan