free page hit counter
Fri. Nov 15th, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Di Balik Wisata Kapal Pesiar, Penumpang Kapal Lebihi Jumlah Penduduk Setempat

2 min read
lima destinasi wisata berikut ini jumlah penduduknya ternyata kalah jauh dibanding dengan jumlah penumpang kapal pesiar datang setiap tahunnya/foto via travelandleisure.com

Di Balik Wisata Kapal Pesiar, Penumpang Kapal Lebihi Jumlah Penduduk Setempat

angkaberita.id – Nama Bintan di kalangan pelancong asing terbilang familiar. Tak heran, sejumlah kapal pesiar menyempatkan diri bersandar ke Lagoi. Berada di kawasan tropis, menjadikan Bintan memiliki sensasi wisata khas kepulauan.

Meskipun tidak sebanyak negara lain, wisata kapal pesiar ke Bintan menambah kredibilitasnya sebagai destinasi wisata. Kabar baiknya, wisata kapal pesiar di Bintan belum mendatangkan keluhan seperti terjadi di Venezia, Italia. Bahkan, ada juga melarang kapal pesiar singgah.

Kapal pesiar ke Bintan juga belum sebanyak seperti tempat lain, bahkan hingga jumlah penumpang kapalnya setiap tahunnya melebihi jumlah penduduk kepulauan tempat tujuan bersandar.

Di dunia ini, seperti ditulis worldatlas, terdapat lima negara dengan jumlah penduduk setempat kalah jauh dibanding jumlah penumpang kapal pesiar datang berlabuh. Berikut daftar lima besarnya:

(1) Kepulauan Virgin (Amerika Serikat)

Dengan 17.087 penumpang kapal pesiar setiap tahunnya, menjadikan Kepulauan Virgin di Samudera Pasifik destinasi wisata kapal pesiar dengan jumlah penumpang melebihi jumlah penduduk setiap tahunnya.

Secara politik, Kepulauan Virgin merupakan wilayah Amerika Serikat. Kepulauan ini dikenal dengan keindahan alamnya sehingga cocok buat aktivitas rekreasi di ruang terbuka.

(2) Kepulauan Virgin (Inggris)

Berlokasi di Karibia, kendati memiliki nama sama, Kepulauan Virgin merupakan teritori Inggris. Terkenal dengan pantainya, pegunungan hijau, dan kota tuanya lengkap dengan tradisi kolonial menjadikannya atraksi wisata kapal pesiar pilihan di Karibia.

Terdapat empat pulau utama dan 50-an pulau kecil mengelilingi kawasan resor wisata di Lautan Karibia ini. Hanya 15 dari pulau itu berpenduduk, dengan jumlah penduduknya keseluruhan sebanyak 28.000 jiwa.

Saat musim puncak liburan dan kedatangan pelancong kapal pesiar, jumlah penduduk setempat seperti hilang dengan pelancong masuk.

(3) Kepulauan Turk and Caicos

Pulau ini juga bagian koloni Inggris, lokasinya di Samudera Atlantik. Kendati kecil secara luasan, namun pulau ini menyimpang segudang sejarah dan pemandangan alam yang menggairahkan.

Tak heran, operator kapal pesiar kelas wahid seperti Carnival Cruises, Princess Cruises, Celebrity Cruises menjadikannya satu lokasi berlabuh dan lego jangkar.

(4) Kepulauan Cayman

Tak hanya dikenal sebagai surga pajak bagi perusahaan multinasional dunia, kolono Inggris di Karibia ini juga menyimpan daya tarik wisata, terutama kunjungan kapal pesiar.

Terdiri tiga pulau dengan luas seluruhanya 264 kilometer persegi, penduduk di sini hanya 64,420 jiwa. Sehingga saat datang kapal pesiar, langsung seperti tenggelam penduduk setempatnya.

Total terdapat 27,81 per satu orang penduduk setempat jika diakumulasikan selama setahun jumlah penumpang kapal pesiar berkunjung ke sini. Dikenal sebagai surganya snorkeling dan scuba diving.

(5) Sint Maarten

Berlokasi di Karibia, koloni Belanda bernama Sint Maarten merupakan spot wisata pilihan penumpang kapal pesiar sekujur dunia saat berada di Karibia.

Seperti juga tetangganya di Karibia, jumlah penumpang kapal pesiar singgah di sini juga melebihi jumlah penduduk setempatnya. Berdasarkan data, hanya 40.000 jiwa tinggal di pulau ini. (*)

Bagikan