Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Menteri Mulyani Blak-blakan, Ternyata Tidak Semua Pegawai Kemenkeu Paham APBN

1 min read

Menteri Keuangan Sri Mulyani/Foto Kontan.co.id/Cheppy

Menteri Mulyani Blak-blakan, Ternyata Tidak Semua Pegawai Kemenkeu Paham APBN

angkaberita.id – Pengakuan mengejutkan diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal masih adanya pegawai Kementerian Keuangan tidak paham APBN.

Selain tak paham, tidak sedikit pegawainya masih berpikir secara sektoral alias terkotak dengan unit kerjanya masing-masing. Menteri Mulyani mendaku mengetahui kondisi itu justru dari media sosial.

“Karena bahkan saya melihat di lingkungan kementerian keuangan melalui sosial media ada saja yang berujar yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan bahkan tidak paham mengenai APBN dan keuangan negara,” ujar Mulyani saat pelantikan pejabat eselon II Kementerian Keuangan di Gedung Juanda, Jakarta, Senin (9/9/2019) seperti dilansir CNBC Indonesia, kemarin.

Mulyani menilai, kondisi itu terjadi lantaran selama ini pegawai di Kementerian Keuangan hanya fokus pada unit kerjanya masing-masing, tanpa memperhatikan instrumen lain. Sehingga tak dapat berfikir strategis, sebaliknya justru terkotak-kotak.

Dia menyindir, seharusnya bekerja di Kementerian Keuangan, pegawai bersangkutan mengetahui APBN hingga kebijakan fiskal. “Anda harus tahu mengenai kondisi makro ekonomi, Anda harus tahu minimal apa yang disebut kebijakan fiskal dan anda harus tahu paling tidak setiap komponen yang ada di dalam APBN,” sindirnya.

Tak sekadar tahun, dia juga berharap semua pegawai Kementerian Keuangan bisa menerapkan itu di unitnya masing-masing dalam mengelola perekonomian negara, keuangan negara dan APBN. Dengan demikian, antar unit dapat bersinergi. Karena menurutnya, selama ini pemahaman APBN di setiap unit tidak merata. (*)

Bagikan