Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Negara Terinovatif di Dunia, Kenapa Korea Selatan Ungguli Jerman-Amerika Serikat?

1 min read

pemandangan futuristik seoul ibukota korea selatan. dalam daftar bloomberg terbaru, korea selatan merupakan negara paling inovatif di dunia dalam dua tahun berturut-turut/foto via webuildvalue.com

Negara Terinovatif di Dunia, Kenapa Korea Selatan Ungguli Jerman-Amerika Serikat?

angkaberita.id – Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, dunia juga terus berubah. Inovasi diperlukan, bukan hanya buat bertahan hidup tapi juga beradaptasid engan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Riset kanker, daging alternatif dan teknologi rumah pintar merupakan sedikit dari sekian kemajuan olah pikir manusia saat ini. Namun tahukah Anda negara mana saja yang memimpin bidang penelitian dan pengembangan seperti itu, seperti penemuan dan patennya.

Juga pengembangan aplikasi padat teknologi dan sebagainya. Intinya, segala hal yang mendorong inovasi dunia? Riset Bloomberg, situs berita terkemuka di dunia, seperti dikutip Statista, dalam peringkat negara paling inovatif terbarunya menempatkan Korea Selatan sebagai negara peringkat tertingi, Jerman menyusul di urutan kedua.

Amerika Serikat berada di peringkat ke-8, namun tiga tingkat lebih baik dibanding posisinya di tahun 2018. Indikator perankingan ini mendasarkan pada aspek seperti anggaran riset dan pengembangan, jumlah paten domestik dan jumlah perusahaan teknologi lokal seperti Samsung, LG dan sebagainya.

Korea Selatan selama dua tahun terakhir menjadi pemuncaknya dengan skor 87.38 dalam skala 1-100. Jerman membayangi dengan skor 87.30. Swiss berada di lima besar dengan menduduki poisisi ke-4 dunia setelah Finlandia.

Sedangkan Finlandia negara paling melesat dalam daftar 10 besar negara paling inovatif dunia, naik empat peringakat dari sebelumnya. Sebaliknya Jepang, Prancis dan Singapura, justru menurun peringkatnya dibanding tahun lalu. Ada apa? (*)

Bagikan