Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Mengintip Kota Vertikal Meisterstadt, Proyek Keluarga Habibie di Jantung Kota Batam

2 min read

pemandangan singapura dari puncak menara kawasan kota vertikal meisterstadt di batam. proyek properti keluarga habibie dengan pollux international/foto via ekonomi.bisnis.com

Mengintip Kota Vertikal Meisterstadt, Proyek Keluarga Habibie di Jantung Kota Batam

angkaberita.id – Sebentar lagi Batam memiliki penanda kota (landmark) selain Jembatan Barelang, lokasinya di jantung kawasan Batam Center. Menjulang setinggi 100 lantai, gedung itu bakal menjadi bangunan tertinggi di Batam, bahkan di Indonesia.

Keluarga Habibie dan PT Pollux Properti Indonesia terus menggesa pengerjaan proyek kawasan terpadu Meisterstadt, megasuperblock terbesar dengan investasi senilai 1 miliar dolar Amerika.

Gedung menjulang setinggi 100 lantai merupakan satu dari 11 tower di kawasan properti prestisius di Batam itu. Kini telah selesai pembangunan empat tower pertamanya, fase pertama kawasan terpadu berkonsep keunggulan Negeri Jerman itu, tempat Habibie menuntut ilmu dan menghabiskan awal karirnya di pabrikan pesawat terbang MBB.

Berdiri di lahan seluas 9 hektare, di lokasi nantinya bakal ada universitas, pusat perbelanjaan (mall), central park, 8 tower apartemen, 1 rumah sakit, 1 hotel dan kawasan niaga. Satu tower nantinya bakal menjadi gedung tertinggi, setara 100 lantai difungsikan sebagai perkantoran.

Meisterdstadt, menurut Ilham Habibie Honorary Chairman Pollux Habibie International, merupakan proyek hasil visi Habibie menciptkan kawasan kota vertikal terintegrasi a la Jerman. “Terinspirasi dari standard kemajuan negara Jerman,” ujar Ilham, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (10/9/2019).

Habibie sendiri sangat mengenal Batam, selain merintis dan mengembangkan Batam, juga menakhodai Otorita Batam selama 20 tahun, tahun 1978-1998. Pengalaman itu menjadikannya serius menghadirkan kawasan terpadu sekaligus proyek properti dengan sentuhan khas dirinya.

impresi penampakan bagian dalam kota vertikal meisterstadt di batam/foto via republika.co.id

“Batam selalu menjadi tempat menawan saya. Meisterstadt wujud nyata berbagai proses perkembangan Kota Batam,” kata Habibie dalam siaran pers seperti dikutip CNBC Indonesia. Lokasi strategis Batam menjadikannya hub bagi negeri ini dan dunia luar. Itulah magnet sektor properti di Batam.

Dalam bahasa Po Sun Kok, Presiden Komisaris Pollux Properti, lokasi strategis Batam dan skala perkembangan kotanya menjadikan Meisterstadt bakal menjadi ikon sekaligus landmark terbesar di Batam. (*)

Bagikan