Agar Warga Tak Kaget, PLN Batam Sosialisasikan Tariff Adjustment Ke 48 Kelurahan

petugas pln batam turun sosialisasi penyesuaian tarif listrik ke pelanggan ke kelurahan-kelurahan di batam/foto via batamclick.com

angkaberita.id – PLN Batam berhati-hati soal penyesuaian tarif listrik. Terbaru, mereka turun sosialiasi ke 48 kelurahan di Batam. PLN Batam juga tetap komitmen ke pelanggan dengan memastikan keandalan pasokan listrik, dan pelanggan warga kurang mampu.

Sebelumnya Kementerian ESDM mengumumkan penyesuaian tarif listrik, termasuk PLN Batam. Sejak 2017, tarif listrik di Batam belum mengalami perubahan. Kini, penyesuaian tarif untuk triwulan III 2024 berkisar antara 6,00 persen hingga 9,83 persen, dan hanya berlaku untuk 11 dari 23 golongan pelanggan.

Pemerintah berhati-hati menerapkan penyesuaian tarif demi menjaga daya saing industri di Batam. Beberapa golongan tarif di Batam masih di bawah Biaya Pokok Penyediaan tenaga listrik. Menurut Jisman, implementasi penyesuaian tarif nantinya memungkinkan PT PLN Batam meraih margin 3,04 persen, sebelumnya negatif.

Sehingga diharapkan mendorong PT PLN Batam untuk meningkatkan keandalan dan pelayanan kepada masyarakat serta efisiensi operasional. “Kami meminta PLN Batam meningkatkan efisiensi operasional untuk menjaga keberlanjutan penyediaan listrik di Batam,” kata Jisman, akhir Juni.

Turun Kelurahan

PLN Batam telah memulai sosialisasi penyesuaian tarif listrik ini melalui empat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Batam. Sosialisasi dilakukan di 11 kecamatan dan 48 kelurahan di Batam.
Zulhamdi, Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, mengatakan bahwa PLN Batam siap menjalankan keputusan pemerintah terkait penyesuaian tarif untuk triwulan III 2024. PLN Batam berkomitmen menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat Batam, termasuk sektor bisnis dan industri yang berkembang.

“Pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan dipengaruhi oleh kurs, harga energi primer, dan inflasi. Pemerintah dan PLN Batam mempertimbangkan variabel tersebut dalam penerapan penyesuaian tarif demi menyediakan listrik yang andal dan berkelanjutan bagi masyarakat Batam,” jelas Zulhamdi.

Penyesuaian tarif triwulan III 2024 ini hanya berlaku untuk 11 dari 23 golongan pelanggan. Pelanggan rumah tangga dengan daya 1.300 VA dan 2.200 VA mengalami penyesuaian tarif sebesar 6%. Penyesuaian ini mulai diberlakukan pada pemakaian bulan Juli, yang artinya pembayaran listrik pada bulan Agustus akan mencerminkan tarif baru.
“Pembayaran listrik bulan ini untuk pemakaian Juni lalu dan belum termasuk penyesuaian tarif. Jika ada kenaikan, itu karena peningkatan pemakaian, bukan tarif,” tambah Zulhamdi.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang golongan tarif yang mengalami penyesuaian atau melakukan simulasi perhitungan tarif, dapat menghubungi Contact Center PLN Batam di nomor 0778-123 atau mengunjungi posko pengaduan pelanggan di kantor UP3 Batam Center, UP3 Nagoya, UP3 Batu Aji, dan UP3 Tiban.
Mike Ariani, salah satu peserta sosialisasi dan pelanggan PLN Batam dengan daya 900 VA, menyatakan bahwa penyesuaian tarif ini wajar mengingat pelayanan PLN Batam yang semakin baik. Di kawasan perumahannya, jarang terjadi pemadaman.

“Penyesuaian tarif ini tidak masalah karena belum dilakukan sejak 2017. Harapannya, PLN Batam dapat meningkatkan kinerja agar tidak ada pemadaman lama yang berdampak pada usaha,” ujar Mike. Mike juga berharap PLN Batam dapat segera menormalisasi gangguan jaringan dengan respons cepat dan memperluas layanan listrik ke seluruh pelosok Batam. (*)

Bagikan