Sun. May 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port, Kini Dwelling Time Pelabuhan Tiga Hari

1 min read

makassar new port/foto via bisnis.com

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port, Kini Dwelling Time Pelabuhan Tiga Hari

angkaberita.id - Dengan Makassar New Port beroperasi, kini waktu bongkar muat barang (dwelling time) lewat pelabuhan cukup tiga hari saja. Selain itu, pengoperasian pelabuhan terbesar di timur Indonesia senilai Rp 5,4 triliun juga menekan biaya logistik di Tanah Air.

Sepuluh tahun lalu di angka 24 persen, kini sekitar 14 persen. Sehingga kinerja pelabuhan di Sabang ke Merauke kian efisien. "Siapa memiliki efisiensi baik, itulah akan memenangkan persaingan," tegas Presiden Jokowi, seperti dikutip bisnis.com, saat peresmian.

Kamis (22/2/2024), Presiden meresmikan pelabuhan terbaru di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia berharap beroperasinya pelabuhan dapat meningkatkan efisiensi biaya logistik di Tanah Air. Dia menyebut tingginya biaya logistik satu dekade lalu lantaran lokasi pelabuhan, kawasan industri dan pabrik tak terintegrasi.

Meskipun masih tinggi dibanding negara lain, Presiden meyakini kehadiran Makassar New Prot akan membantu menurunkan biaya logistik di Tanah Air. Apalagi, dengan kedalaman 16 meter, Makassar New Port merupakan pelabuhan terdalam di Tanah Air.

Sehingga sangat baik guna bersandar kapal-kapal besar pengangkut kontainer. Di Tanah Air, hanya Pelabuhan Tanjung Priok mengungguli pelabuhan terbesar di kawasan timur Indonesia itu. Makassar New Port memiliki kapasitas hingga 2,5 juta TEUs.

Sehingga diharapkan dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan besar di negara lain. Sedangkan pelabuhan lama akan akan disulap menjadi "city center", bolanya kata Presiden Jokowi, di tangan KDH setempat.

(*)

Bagikan