Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Drone Misterius Kacaukan Bandara Changi Singapura, Belasan Penerbangan Terganggu

1 min read

suasana di bandara changi, singapura. kesibukan di bandara changi terganggu aktivitas drone misterius. akibatnya sejumlah penerbangan ditunda dan dialihkan/foto via theguardian.com

Drone Misterius Kacaukan Bandara Changi Singapura, Belasan Penerbangan Terganggu

angkaberita.id – Bandara Changi di Singapura geger. Penampakan drone di bandara tersibuk di Asia Tenggara ini, telah membuat sejumlah penerbangan terganggu. Penampakan ini merupakan kejadian kedua dalam sepekan terakhir.

Otoritas bandara mengonfirmasi kejadian ini. Sekurangnya 18 penerbangan terpaksa ditunda dan 7 penerbangan lainnya dialihkan akibat kejadian ini. Baik keberangkatan maupun kedatangan sejumlah pesawat akibat kejadian itu.

“(Sejumlah penerbangan terganggu) akibat kondisi cuaca buruk dan keberadaan drone misterius,” jelas Otoritas Penerbangan Sipil Singapura seperti dilansir theguardian.com, Selasa (25/6/2019). Gangguan terjadi selama hampir sejam.

Akibat kejadian itu, pengelola bandara bahkan dikabarkan sempat menutup satu landas pacunya sejenak akibat drone misterius itu. Bandara Changi merupakan bandara tersibuk di dunia.

Berdasarkan perundangan di Negeri Singa, menerbangkan drone dalam jarak lima kilometer dari bandara tanpa izin merupakan pelanggaran hukum.

Sejumlah aktivitas drone belakangan memang sempat mengganggu aktivitas sejumlah bandara di dunia. Bandara Gatwick di London, Inggris semisal sempat lumpuh selama 36 jam pada Desember lalu, akibat penampakkan drone berkali-kali di bandara. Akibatnya puluhan ribu penumpang terpaksa terkendala penerbangannya.

Kejadian di Bandara Changi seperti mengingatkan insiden drone di Selat Hormuz, Teluk Persia hingga nyaris membawa Iran dan Amerika Serikat di tubir perang terbuka. (*)

Bagikan