Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tahun 2014, Jalan Nasional di Kepri Termulus di Tanah Air

2 min read

jalan provinsi di kabupaten lingga mayoritas masih kondisi baik sepanjang tahun 2017, namun persentase kerusakan juga paling besar lantaran total panjang jalan provinsi di lingga paling panjang di Kepri. gunung daik ikon alam di kabupaten lingga/foto dediarman/kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tahun 2014, Jalan Nasional di Kepri Termulus di Tanah Air

angkaberita.id – Pada tahun 2016, Kepri melambung namanya di pentas nasional soal kondisi infrastruktur jalannya. Berdasarkan audit Kementerian Pekerjaan Umum saat itu, jalan nasional di Kepri paling mulus di tanah air.

Bahkan, masih berdasar audit itu, mengungguli jalanan di Jakarta, Ibukota negara. Berdasarkan data itu, seperti dikutip katadata, kondisi kemantapan jalan nasional di Kepri mencapai 100 persen, meninggalkan 33 provinsi lainnya.

Kemantapan jalan nasional di DKI Jakarta sendiri hanya di angka 99,6 persen. Selain itu, empat provinsi lain dengan kemantapan jalan lebih baik dari Jakarta adalah Bali, Maluku Utara, Kepulauan Bangka Belitung, dan Nusa Tenggara Barat.

Survei penilaian kondisi jalan ini dilakukan Subdit Pengembangan Sistem dan Evaluasi Kinerja, Direktorat Bina Program, Ditjen Bina Marga pada Semester II Tahun 2014.

Penilaian mendasarkan pada International Roughness Index (IRI) atau penilaian terhadap kondisi kerataan permukaan jalan. IRI diukur berdasarkan survei menggunakan alat dan kendaraan khusus.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebutkan perkembangan jalan nasional pada 2014 ini, kondisi kemantapan jalan telah mencapai 93,95 persen atau sepanjang 36 ribu kilometer.

Lalu bagaimana kondisi di tahun 2017? Berdasar data BPS, tidak ada data resmi soal ini. Namun kalau merujuk jalan provinsi, yakni jalan wewenang pemeliharaan berada di tangan Pemprov Kepri, datanya sebagai berikut:

Kondisi bagus sepanjang 478,43 kilometer. Sedang 135, 62 kilometer. Rusak sepanjang 46,08 kilometer. Kemudian rusak berat sepanjang 236,32 kilometer. Total panjang jalan provinsi di Kepri ialah 896,46 kilometer.

Sebaran terbanyak, kondisi jalan baik, di Kabupaten Lingga sepanjang 114,61 kilometer. Kondisi jalan rusak berat paling sedikit di Kota Batam, yakni sepanjang 2,18 kilometer.

Pemilik jalan provinsi terpanjang ialah Kabuapaten Lingga sepanjang 236,71 kilometer. Sedangkan jalan provinsi di Kabupaten Anambas paling pendek ialah 51 kilometer. (*)

Bagikan