Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Wisata Gunung di Natuna: Ada 22 Lokasi, Gunung Ranai Jadi Mercusuarnya

2 min read

selain menjadi kompasnya nelayan, gunung ranai menjulang 959 meter juga menjadi mercusuranya Kabupaten Natuna/foto pelantar.id

angkaberita.id– Bentang alam Natuna tak hanya melulu laut dan pantai saja. Namun juga ada air terjun, perbukitan dan gunung. Tak berlebihan, Natuna merupakan surga wisata alam di Kepri.

Bahkan wisata alam perbukitan dan gunung mendominasi. Gunung dan perbukitan terdapat 22 objek wisata, hanya kalah dari wisata pantai sebanyak 65 destinasi. Lokasi tersebar di 10 kecamatan, dan paling banyak berada di Bunguran Barat, yakni 6 objek wisata.

Menyusul kemudian Bunguran Timur Laut sebanyak 4 lokasi, Serasan dan Serasan Timur 3 lokasi. Selebihnya berserak di Midai, Suak Midai , Pulau Tiga, Bunguran Timur, Bunguran Tengah dan Bunguran Selatan, masing-masing satu objek wisata.

Lima kecamatan lainnya tak bergunung atau berbukit, yakni Bunguran Batubi, Bunguran Utara, Pulau Laut, Pulau Tiga Barat dan Pulau Subi. Jumlah kunjungan per 2017 sebanyak 11.008 orang dan tersebar di 4 kecamatan.

Pengunjung terbanyak di Kecamatan Bunguran Timur, lokasi Gunung Ranai, yakni 8.748 orang. Kemudian Bunguran Timur Laut sebanyak 1.800 orang serta Bunguran Tengah dan Pulau Tiga, masing-masing 360 dan 180 orang berkunjung.

Per 2017, secara total di Natuna terdapat 159 objek wisata, mencakup wisata bahari dan pantai sebanyak 65 dan merata di sekujur kabupaten beranda utara tanah air ini, kecuali di Bunguran Batubi dan Bunguran Tengah. Di si ini tidak ada pantai.

Kemudian air terjun ada 4 lokasi, terbanyak di Bunguran Laut, satu objek lainnya di Bunguran Timur. Selanjutnya wisata gunung, sedikitnya ada 22 lokasi dan tersebar di 10 kecamatan.

Situs sejarah sebanyak 52 objek wisata, paling banyak di Serasan dan Subi, masing-masing 12 situs. Kategori lainnya, terdapat 16 dan berserak di 5 kecamatan.

Berdasar kecamatan, Serasan merajai objek wisata. Di sini terdapat 20 objek wisata, dengan wisata sejarah mendominasi. Sedangkan kecamatan paling lengkap objek wisatanya alias memiliki semua objek wisata ialah Bunguran Laut dan Bunguran Timur.

Di sini ada pantai, air terjun, gunung dan perbukitan, situs sejarah dan atraksi wisata lainnya. Khusus Gunung, dengan statusnya sebagai gunung tertinggi kedua di Kepri setelah Gunung Daik,

Gunung Ranai di Bunguran Timur menjadi mercusuarnya Pulau Natuna, menjulang setinggi 959 meter sekaligus menjadi kompasnya para nelayan dan pelaut yang mengarungi lautan terluar negeri ini. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan