Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Lupa Sikat Gigi, Coba Siasati Dengan 5 Cara Alternatif Pengganti Ini

2 min read

Ilustrasi/Foto Shutterstock/Alliance via merdeka.com

angkaberita.id – Menyikat gigi hukumnya wajib kalau tidak ingin mengalami masalah bau mulut. Namun terkadang Anda kelupaan melakukannya atau tidak sempat lantaran diburu waktu.

Lupa menyikat gigi ini membuat napas menjadi bau karena bertimbunnya bakteri di dalam mulut. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi hal ini namun kamu tak sempat untuk menyikat gigi?

Seperti dilansir laman situs merdeka.com, Selasa (12/3/2019) mengutip Reader Digest Asia, berikut lima cara alternatif untuk membersihkan gigi.

1. Mengonsumsi Makanan Renyah

Makanan yang renyah seperti apel, wortel, seledri dan popcorn tawar membantu membersihkan gigi saat dikunyah. Berbagai makanan ini dapat membantu gigi menjadi bersih dengan sendirinya.

2. Minum Teh

Flavonoid dalam teh membantu mencegah bakteri berbahaya menempel di gigi, dan juga mencegah timbulnya gigi berlubang. Teh juga mengandung jumlah fluoride tinggi yang menguatkan gigi.

3. Pakai Mouthwash

Obat kumur (mouthwash) dapat mengurangi kuantitas dan kualitas dari plak gigi atau bakteri di mulut kamu. Selain itu dapat membuat napas Anda lebih segar.

4. Rajin Minum Air Putih Minum segelas air untuk setiap jam saat Anda sedang bekerja. Semakin banyak air yang Anda minum, artinya makin banyak bakteri yang dibersihkan dari gigi dan keluar dari mulut Anda.

Hal tersebut mengecilkan risiko penyakit gusi, mencegah gigi berlubang, dan napas segar.

5. Kunyah Permen Karet Xylitol

Ingin mengurangi bakteri jahat dalam mulut? Kunyah saja permen karet yang mengandung xylitol.

Mengonsumsi permen karet dapat mencegah gigi berlubang. Lima cara alternatif ini bisa dilakukan untuk membersihkan gigi jika kamu terlupa untuk menyikatnya.

Namun tetap cara terbaik membersihkan gigi adalah dengan menyikatnya. (*)

Bagikan