Fri. Jul 26th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Anda Sakit Diabetes? Sebaiknya Mulai Konsumsi Buah Nangka. Ini Penjelasan Ilmiahnya

2 min read

Ilustrasu buah nangka/Foto via intisari.grid.id

angkaberita.id – Penyakit diabetes alias sakit gula masih menjadi penyakit paling banyak menjangkiti warga Indonesia. Namun tidak perlu panik, alam memberikan jalan tengah pengobatannya lewat buah nangka.

Nangka adalah buah yang lezat disamping kegunaannya juga yang bervariasi. Sementara beberapa negara tropis menggunakan nangka yang telah matang untuk membuat puding dan kue.

Di India selatan misalnya, buah ini banyak digunakan dengan beras untuk membuat idlis dan dosas. Daun dan bahkan biji buah nangka juga dapat dimakan dan digunakan dalam berbagai cara oleh para maestro kuliner.

Biji nangka juga kaya protein, tidak rugi mengonsumsi buah yang satu ini. Pasti sudah banyak orang yang tahu atau pernah mendengar tentang buah serbaguna ini.

Namun sepertinya hanya sedikit yang tahu tentang manfaat kesehatannya, terutama tentang manfaat kesehatan bagi penderita diabetes. Tidak seperti nangka matang, nangka mentah yang memiliki kandungan glikemik lebih rendah dapat membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah Anda.

Nangka mentah, karena tingkat keasamannya yang rendah, adalah buah yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti asupan karbohidrat biasa. Jadi, jika Anda mengganti semangkuk nasi putih dengan nangka mentah, kandungan serat larutnya yang tinggi dapat membantu menjaga kadar gula Anda tetap terkendali.

Bahkan dapat menurunkan risiko terkena kondisi tersebut. Kehadiran gula dan serat alami dalam buah dalam nangka sebenarnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes atau menurunkan risiko diabetes.

Mengapa Nangka Baik Untuk Diabetes? Ini mencegah dan mengelola gejala diabetes dengan mengatur pelepasan glukosa dan insulin dalam tubuh.

Tak hanya itu, ia juga meningkatkan sensitivitas insulin. Biji nangka bubuk juga diketahui dapat meningkatkan dan menyehatkan fungsi pencernaan sehingga membantu mengurangi gangguan pencernaan.

Anda juga dapat mengonsumsi biji nangka secara langsung untuk sembelit. Karena itu merupakan sumber serat makanan yang kaya. Semua kondisi ini, jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan diabetes.

Jika Anda seorang penderita diabetes dan memutuskan untuk menambahkan nangka mentah ke dalam diet Anda bersama dengan obat-obatan biasa, silakan lakukan di bawah pengawasan ketat dokter Anda. (*)

Bagikan