Wed. May 19th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 5 Fakta di Balik Orang Terkaya 2019, Nama Kontraktor Indonesia Ini Bikin Kejutan

3 min read

Jeff Bezos/Foto cnbc via merdeka.com

angkaberita.id – Selain mencatatkan dua nama ke daftar orang terkaya dunia 2019 versi Forbes, nama kontraktor asal Indonesia ini juga bikin kejutan. Siapa dia?

Seperti dilansir laman situs merdeka.com, Jumat (8/3/2019) Forbes baru saja merilis daftar terbaru orang terkaya di dunia pada 2019. Ada beberapa fakta menarik di balik data orang kaya anyar tersebut.

Mulai dari orang kaya termuda, tertua hingga daftar orang kaya baru. Tahun ini, jumlah orang terkaya di dunia tercatat menurun. Ekonomi dan performa pasar saham pun dianggap sebagai penyebabnya.

Total ada 2.153 miliuner tahun ini, jumlah itu menurun 55 orang dari tahun lalu. Para miliuner di wilayah Asia-Pasifik berkurang paling banyak, yakni sebanyak 60 orang.

Pengurangan orang terkaya itu dipimpin oleh China karena 49 orang kehilangan status tersebut. Kendati demikian, kebanyakan nama di peringkat 10 besar tak banyak berganti dan merupakan sosok yang familiar di dunia bisnis.

Namun ada juga beberapa nama menarik, termasuk ada nama dari Indonesia.

Berikut fakta-fakta menarik di balik daftar orang terkaya di dunia.

1. Dua orang Indonesia Masuk Daftar, Total Harta Rp 1.100 Triliun

Indonesia pun juga memiliki daftar orang-orang sukses yang masuk ke daftar Forbes.

Sebanyak 21 miliuner pengusaha Indonesia masuk ke daftar Forbes tahun ini. Total harta miliuner sukses Indonesia yang masuk ke daftar Forbes adalah sekitar Rp 1.100 triliun.

Hampir setengahnya berasal dari kekayaan Hartono bersaudara. Budi dan Bambang Hartono konsisten menjadi orang terkaya Indonesia sejak beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Indonesia juga kehilangan nama penting, yaitu Eka Tjipta Widjaja selaku pendiri Sinar Mas yang wafat pada 26 Januari 2019.

Nama-nama seperti Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam) dan Anthony Salim (Indofood) juga absen dari daftar orang terkaya Forbes tahun ini. Tetapi nama mereka muncul di daftar akhir tahun lalu di posisi 5 besar.

2. Orang Kaya Termuda di Dunia

Kylie Jenner menjadi orang terkaya dunia paling muda di 2019 versi Forbes. Berusia 21 tahun, Kylie mampu mencetak harta sebanyak USD 1 miliar atau setara Rp 14,1 triliun (Rp 14.144 per USD).

Dilansir dari Forbes, Rabu (6/3), Kylie juga mencatatkan prestasi tersendiri dalam daftar tahun ini. Di mana, dia menjadi yang pertama sebagai orang terkaya termuda melalui usahanya sendiri.

Kylie mengungkapkan rahasia suksesnya berkat sosial media. Sebab, akun Instagram Kylie sudah memiliki 110 juta lebih pengikut. “Media sosial adalah platform luar biasa. Aku mempunyai akses yang begitu mudah ke penggemar dan pelangganku,” katanya.

3. Orang Kaya Tertua di Dunia

Bila Kylie Jenner berhasil menjadi orang terkaya paling muda di dunia versi Forbes, alangkah menariknya untuk melihat sosok miliarder paling sepuh di dunia.

Miliarder terkaya di dunia bahkan telah berusia satu abad. Pria itu adalah Chang Yun yang ternyata adalah warga negara tetangga: Singapura. Miliarder kelahiran 1919 itu fokus di bisnis transportasi logistik laut.

Dia adalah co-founder dari Pacific International Lines (PIC) di tahun 1967. Modal awalnya? Dua kapal bekas. Dimulai dari Singapura, sekarang PIC sudah punya pangsa di Amerika Selatan dan juga Afrika.

Dan meski sudah pensiun sebagai salah satu orang terkaya di negaranya, Chang Yun Chung masih hobi berkunjung ke kantornya.

4. Wanita Terkaya di Dunia

Pewaris LOreal, Francoise Bettencourt Meyers, berada di posisi 15 pada peringkat orang terkaya dunia.

Namun, dia memimpin dalam daftar wanita terkaya di dunia. Cucu pendiri perusahaan kosmetik LOreal, Eugene Schueller ini mencatat kekayaan sekitar USD 49,3 miliar per 5 Maret 2019 atau sekitar Rp 696,28 triliun (asumsi kurs Rp 14.123 per USD).

Dia masuk jajaran direksi sejak 1997. Bettencourt Meyers juga berperan sebagai chairwoman di perusahaan induk keluarganya. Kekayaan Bettencourt Meyer meningkat USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 100,25 triliun.

Kenaikan itu sekitar 17 persen sejak tahun lalu. Kekayaan Bettencourt Meyer meningkat berkat hasil luar biasa di bisnis make up. Dia dan keluarganya memiliki 33 persen saham di LOreal.

5. Pendatang Baru Orang Terkaya Dunia 2019 asal Indonesia

Di tengah situasi ekonomi global yang penuh gejolak dan ketidakpastian, ternyata masih banyak pengusaha yang berhasil meningkatkan jumlah kekayaannya.

Forbes mencatat ada 195 orang kaya baru yang masuk ke Billionaires Club 2019 atau daftar orang terkaya di dunia. Indonesia menyumbang satu nama orang terkaya baru dalam daftar tahun ini, siapakah dia?

Dia adalah Donald Sihombing. Dikutip dari sejumlah sumber, Kamis (7/3), Donald merupakan pengusaha asal Indonesia. Pria yang kini berusia 60 tahun tersebut merupakan bos sekaligus pendiri PT Totalindo Eka Persada Tbk, yang merupakan perusahaan konstruksi.

Tahun ini Donald Sihombing menjadi pendatang baru di daftar orang kaya baru yang dirilis oleh Forbes. Dengan total kekayaan mencapai USD 1,4 miliar atau Rp 19,8 triliun (kurs Rp 14.188 per USD).

Dia berhasil menduduki peringkat 1.605 dalam daftar orang terkaya sedunia. Sementara itu, di Indonesia sendiri saat ini dia menduduki peringkat orang terkaya urutan ke-14 dari total 21 miliarder. (*)

Bagikan