Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Duet Anies-Ahok Di Mata Pentolan Nasdem Jabar

1 min read

presiden jokowi dan ketum nasdem surya paloh/foto dok nasdem tv via kompas.com

Duet Anies-Ahok Di Mata Pentolan Nasdem Jabar

angkaberita.id - Nasdem tak keberatan pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 nantinya orang dekat Jokowi. Apalagi, koalisi masih menggodok lima nama usulan ke Anies. Sikap tadi menyusul terungkapnya pertemuan empat mata Surya Paloh dengan Luhut Panjaitan.

Di pertemuan, Luhut menyebut Ahok nama Cawapres ideal pendamping Anies saat Paloh meminta pendapat. Namun ke media, Paloh menyebut itu hanya kelakar saja. Hanya saja, di internal Nasdem kelakar tadi terus menggelinding memancing tanggapan, termasuk dari Jabar.

"Apakah itu dari eksternal, internal, apakah itu orangnya Jokowi, kami sekali lagi sudah menyerahkan sepenuhnya ke Pak Anies," kata Saan Mustopa, Ketua DPW Nasdem Jabar, seperti dikutip Katadata, Selasa (16/5/2023).

Selain Nasdem, Anies juga didukung Demokrat dan PKS melalui Koalisi Perubahan. Disebut-sebut lima nama tengah dimatangkan tim kecil di koalisi tadi. Nama tadi hasil rekomendasi parpol koalisi. Rencananya akan ditetapkan pada Juli 2023. "Lima kandidat itu sudah, dan sedang dibicarakan di koalisi," kata Hermawi Taslim, petinggi Nasdem.

Tim kecil, istilahnya Tim 8, telah menyepakati sejumlah kriteria pendamping Anies kelak. Wakil Anies di Tim 8, Sudirman Said mengatakan, Anies mencari kandidat dengan elektabilitas tinggi tapi kerentanan politik rendah, istilah lain resistensi.

Kemudian, calon diharapkan bisa membantu menjalankan pemerintahan efektif. Ketiga, figur dipiluh bisa menjaga keseimbangan koalisi. Selanjutnya keempat, tokoh tadi harus sevisi dengan Anies di Pilpres nanti. Terakhir, dia mampu bekerja sama sebagai dwitunggal, saat Pilpres dan setelah kelak terpilih.

(*)

Bagikan