Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Anies Vs Ganjar, Kenapa Jember Jadi Lokasi Pertama Adu Gengsi Pencapresan 2024?

2 min read

ganjar dan anies bakal berbarengan nginap di jember

Anies Vs Ganjar, Kenapa Jember Jadi Lokasi Pertama Adu Gengsi Pencapresan 2024?

angkaberita.id - Meskipun belum resmi bertarung di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan justru telah memulai pemanasan duel mereka pencapresan mereka di Jember, Jawa Timur. Di sana, keduanya bakal "adu popularitas" ke calon pemilih kelak.

Ganjar dan Anies, seperti dilansir merdeka.com, Sabtu (6/5/2023), berkunjung meskipun dengan agenda dan tujuan berbeda. Namun, kemungkinan besar mereka bakal menginap di hotel sama. Selama dua hari, Sabtu-Minggu (6-7/5/2023), keduanya akan menyapa warga Jember.

Dari Jakarta, Anies akan ke Kecamatan Tanggul menghadiri haul Habib Sholeh Tanggul. Meninggal tahun 1976, dia dikenal memiliki banyak pengikut di Jatim. Ribuan orang dari berbagai daerah diyakini membanjiri acara itu.

Anies melanjutkan sowan ke HM Arum Sabil, pengusaha tebu langganan BUMN. Malam harinya, Anies dijadwalkan ke Ponpes Al-Qodiri Jember. KH Muzakki Syah, pendiri Ponpes, disebut memiliki ribuan jemaah dan menjadi langganan Capres dan Cagub di tahun politik.

Fadil Muzakki Syah, sang anak, tercatat anggota DPR dari Nasdem. Malamnya, Anies nginap di Aston Hotel. Paginya lanjut sarapan ke Warung Pecel Walisongo. Lokasinya dekat alun-alun Jember. Hanya saja, Anies kemungkinan batal berziarah ke makam KH Muhammad Siddiq, alias Mbah Siddiq. Dia dikenal melahirkan banyak tokoh NU.

Di hari Anies datang, Ganjar juga bakal bermalam di Aston Hotel, setelah seharian dijadwalkan menghadiri konsolidasi kader PDIP di Surabaya. Minggu, dia menghadiri Car Free Day di Alun-Alun Jember, saat Anies dijadwalkan sarapan di Pecel Walisongo.

Selepas siang, Ganjar ke GOR PKPSO Jember, konsolidasi kader PDIP sekaligus mengundang kader PPP dan relawan pendukung Ganjar. Malamnya kembali ke Semarang lewat Surabaya. Seperti diketahui, PDIP resmi mencalonkan Ganjar ke Pilpres 2024. Setelah pencapresannya, PPP menyatakan dukungan serupa.

Sedangkan Anies jauh hari digadang-gadang koalisi perubahan, beranggotakan Nasdem dan Demokrat serta PKS, menjadi Capres mereka di 2024. Selain Anies dan Ganjar, Prabowo menjadi nama ketiga berpeluang ke Pilpres dengan KIR, kongsi Gerindra dan PKB. Jember sempat menasional setelah DPRD memakzulkan Bupati Faida.

(*)

Bagikan