Wed. Feb 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Desa Kepri: Ladan Di Anambas Satu-satunya Desa Mandiri, Lingga-Karimun Banyak PR

2 min read

pantai penjalin di desa ladan, menjadi destinasi wisaha bahari andalan kabupaten anambas/foto via nusatour.co.id

Desa Kepri: Ladan Di Anambas Satu-satunya Desa Mandiri, Lingga-Karimun Banyak PR

angkaberita.id - Dari 275 desa di Kepri, berdasarkan update Indeks Desa Membangun (IDM) 2021, hanya Desa Ladan di Kabupaten Anambas berstatus desa mandiri. Kabupaten Lingga paling banyak desa tertinggal.

"Desa Mandiri hanya satu di Kepri, Desa Ladan Kecamatan Palmatak," ungkap Sardion, Kepala Dinas PMD Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kepri, Kamis (11/11/2021). Kabar baiknya, tak ada desa di Kepri berstatus sangat tertinggal.

Berdasarkan IDM, status desa ada lima tertingi mandiri dan terendah sangat tertinggal. Berdasarkan IDM 2021, di Kepri sebagian besar desa berstatus berkembang. Lingga paling banyak desa tertinggal, yakni 19 desa.

Tak sedikit, kata Sardison, di antara desa tadi berstatus desa lama, bukan pemekaran. Di Kepri, Kabupaten Lingga paling banyak pemekaran desa, seiring pemekaran kecamatan mereka. Lingga juga mencatat kabupaten dengan desa terbanyak di Kepri. "Masih desa lama," ungkap Sardison soal desa tertinggal di Lingga.

Sardison menjelaskan, pengukuran IDM berdasarkan tiga kriteria. Yakni, indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan. "Desa maju bisa (naik) mandiri jika indeks ketahanan ekonomi bisa ditingkatkan," sebut Sardion. Nah, Desa Ladan berdasarkan skor indeksnya masuk kriteria skor IDM ditetapkan.

Berdasakan data BPS, Desa Ladan terhitung desa maju perekonomian. Fasilitas sosial ekonomi terbilang lengkap dibanding desa lainnya di Kecamatan Palmatak. Begitu juga dengan akses listrik dan jalan, Desa Lada terhitung lebih baik dibanding desa lainnya. Selain sekolah, Desa Lada juga memiliki hotel dan penginapan. Begitu juga dengan pasar dan fasilitas kesehatan.

Secara demografis, Ladan juga desa terbanyak di Palmatak. Hanya tiga dari 15 desa di Palmatak terbilang banyak penduduk di tahun 2018. Penduduk Desa Ladan sebanyak 2.077 jiwa, Kecamatan Palmatak penduduk total 13.168 jiwa. Mayoritas penduduk berusia produktif. Sehingga secara ekonomi, menurut Sardion, terbilang maju.

Tiga sektor menjadi basis perekonomian. "Perikanan, perkebunan dan perdagangan," ungkap Sardison. Ladan juga telah memiliki BUMDes, terakhir predikat tumbuh. Di Kepri, khusus BUMDes, dari 150-an berstatus aktif, hingga akhir 2020, baru 8 BUMDes berpredikat maju. Seluruhnya di Bintan, dengan indikator telah berkontribusi ke PADes.

Praktis, dengan kondisi itu, warga menjadi penggerak ekonomi perdesaan di Ladan selama ini, termasuk dari sektor pariwisata. Apalagi, dengan lanskap dan lokasi geografisnya, Ladan berbatasan langsung dengan Laut Natuna di ujung utara desa. Pantai Penjalin menjadi destinasi wisata menarik di Lokasi, bahkan menjadi andalan wisata bahari Kabupaten Anambas.

(*)

Bagikan