Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Soal Pengeluaran Per Kapita, Jakarta Tak Bisa Sepelekan Kepri

1 min read

pengeluaran per kapita rata-rata di tanah air sebesar rp 11,3 juta, namun dki jakarta dan kepri bersaing menjadi dua provinsi dengan pengeluaran per kapita terbesar di tanah air/foto antara/Dhemas Reviyanto/foc/via republika.co.id

Soal Pengeluaran Per Kapita, Jakarta Tak Bisa Sepelekan Kepri

angkaberita.id– Tak hanya soal gerbang masuk kepariwisataan, Kepri ternyata dalam sejumlah ikhwal menjadi pesaing serius Provinsi DKI Jakarta. Seperti soal Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendapatan Per Kapita dan, terbaru, Pengeluaran Per Kapita.

Berdasarkan riset Katadata mengutip BPS Per 17 Februari 2020, secara nasional negeri ini mencatat pengeluaran per kapita tahun 2019 sebesar Rp 11,3 juta, naik 2,2 persen dibanding periode sebelumnya.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan purchasing power parity terbesar, yakni Rp 18,5 juta. Kemudian DI Yogyakarta, Bali, dan Bangka Belitung mengekor di urutan ketiga hingga lima besar dengan pengeluaran, masing-masing, sebesar Rp 14,4 juta, Rp 14,1 juta dan Rp 13 juta.

Kepri menjadi provinsi dengan pengeluaran per kapita tertinggi di Sumatera sekaligus pesaing serius DKI Jakarta, dengan pengeluaran sebesar Rp 14,5 juta sekaligus terbesar kedua secara nasional di bawah Jakarta.

Di level Sumatera, Kepri dan Bangka Belitung jauh meninggalkan delapan provinsi daratan lainnya. Sejumlah provinsi di timur Indonesia tercatat, berdasarkan data BPS, pengeluarannya sebesar di Rp 7 juta-8 juta per kapita, menjadi terendah di tanah air.

(*)

Bagikan