Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Daya Saing Digital: Kepri Masuk 10 Besar Nasional, Satu-satunya Dari Sumatera

1 min read

kecerdasan buatan bakal menandai dimulai revolusia 4.0 di dunia, seiring majunya perkembangan ilmu dan teknologi informasi/foto via luxtag.io

Daya Saing Digital: Kepri Masuk 10 Besar Nasional, Satu-satunya Dari Sumatera

angkaberita.id – Kendati secara global daya saing digital Indonesia masih rendah, namun Kepri pantas berbangga. Selain masuk 10 besar provinsi berdaya saing digital tingkat nasional, Kepri juga satu-satunya provinsi di Sumatera dalam daftar bergengsi nasional itu.

Seperti dirilis East Venture dan dikutip Katadata, Indeks Daya Saing Digital Indonesia 2020 rata-rata nasional baru sebesar 27,9. Dari keseluruhan provinsi, DKI Jakarta tertinggi di tanah air, yakni skor 79,7 sekaligus satu-satunya provinsi dengan daya saing digital cukup baik.

Kendati jauh di bawah skornya, Jawa Barat dan Jawa Timur menempel DKI Jakarta, masing-masing, dengan skor 55 dan 49,7. Dengan skala 0-100, semakin tinggi skornya kian tinggi daya saing digitalnya. Dalam daftar 10 besar nasional, urutan 6 besar seluruh provinsi di Pulau Jawa.

Setelah baru provinsi di luar Jawa, dengan perincian Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kepulauan Riau, berurutan peringkat 7-10. Khusus Kepri skor daya saing digitalnya 35,9 hanya terpaut 0,03 poin dari Sulawesi Selatan. Pendeknya, kecuali provinsi di Jawa dan Bali, skor Kepri beda-beda tipis dengan peringkat di atasnya. (*)

Bagikan