Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Mengintip Robot Pekerja, Kenapa Pekerja Pabrik di Batam Pantas Waswas?

1 min read

pekerja pabrik bakal terimbas dengan pemakaian robot atau kecerdasan buatan dalam proses produksi/foto ilustrasi pekerja pabrik via blogspot.com

Mengintip Robot Pekerja, Kenapa Pekerja Pabrik di Batam Pantas Waswas?

angkaberita.id – Sejumlah pekerjaan di masa depan, termasuk di Batam bakal digantikan kecerdasan buatan pengerjaannya. Pekerja pabrikan diperkirakan paling terdampak dengan pemanfaatan teknologi robot.

Lembaga konsultan, McKinsey empat tahun lalu (2016) memprediksi sejumlah sektor industri bakal terlibas kecerdasan buatan. Seperti ditulis Katadata, pekerjaan dimaksud antara lain pekerjaan fisik yang terprediksi, seperti buruh pabrik akan paling merasakan dampaknya.

Pekerjaan ini diprediksi akan terautomasi hingga 78 persen. Selanjutnya kerja pemrosesan data, terutama terkait keuangan dan asuransi bakal tergerus 69 persen. Begitu juga dengan profesi pengumpulan data bakal dikerjakan robot dengan proporsi hingga 64 persen.

Kabar baiknya, masih ada sejumlah pekerjaan yang kecerdasan buatan tak sanggup menembusnya, alias minimal invasi robot yakni bekaitan dengan pengelolaan cara berpikir orang seperti mengelola orang da pengambilan keputusan.

Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, bahkan dengan berat hati bakal mengkaryakan kecerdasan buatan mengganti pekerjaan rutinitas birokrasi sebagai ganti pemangkasan eselon jabatan III dan IV di struktural PNS.

Tahun depan, sejumlah instansi pemerintah pusat bakal mengujicobanya, meskipun secara umum kesiapan kecerdasan buatan di tanah air belum setinggi negara lainnya, termasuk di level ASEAN sekalipun. (*)

Bagikan