Fri. Jun 14th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Banyak Duit Amerika Di Bank Dunia, Trump Marah Besar Bank Dunia Utangi China

2 min read

terus defist berdagang dengan china, presiden amerika serikat donald trump marah besar dengar bank dunia beri utangan buang rendah ke china. karena banyak duti amerika di bank dunia/foto asiansecurityblog.wordpress.com

Banyak Duit Amerika Di Bank Dunia, Trump Marah Besar Bank Dunia Utangi China

angkaberita.id – Terus defisit berdagang dengan China, Amerika Serikat menambalnya dengan perang dagang. Belum lagi berhasil, Bank Dunia dengan Amerika Serikat sebagai pendana terbesar, justru memberikan utang berbunga rendah ke China.

Mendengar kabar itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump marah besar. Dia meluapkan kekesalannya lewat twitter ke lembaga perbankan dunia itu.

“Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Apakah ini mungkin? China punya banyak uang, dan jika tidak, mereka bisa membuatnya. HENTIKAN!” cuit Trump di twitter-nya seperti ditulis CNBC Idonesia, mengutip laporan AFP.

Senada Trump, Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin juga keberatan dengan kebijakan itu. Ironisnya, Bank Dunia justru dipimpin mantan pejabat Kementerian Keuangan Amerika Serikat, David Malpass.

Bank Dunia langsung merespon kemarahan Trump. Katanya, pinjaman ke China terus menurun setiap tahun. “Kami akan menghilangkan pinjaman jika negara-negara sudah menjadi lebih kaya,” bunyi pernyataan Bank Dunia.

Perlahan namun pasti, China menjadi penantang serius hegemoni Amerika Serikat. Kini, bahkan China menyaingi Amerika Serikat sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia, jauh meninggalkan Jerman, Jepang dan negara kaya lainnya di dunia.

Bank Dunia sendiri dikabarkan mengutangi China sebesar 1,5 miliar dolar Amerika, setara Rp 21 triliun dnegan bunga rendah, hingga tahun 2025. China pernah mendapatan utangan serupa pada 2017 dan awal; 2019 lalu, masing-masing sebesar 2,4 miliar dolar Amerika dan 1,3 miliar dolar Amerika. (*)

Bagikan