Sat. Apr 20th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Amerika Latin Kawasan Paling Bergolak, Asia Timur Adem Ayem?

1 min read

tak benua terapda du dunia, asia juga merupakan kawasan paling tertib dibandingkan belahan dunia lainnya. asia tenggara dan asia timur menjadi kawasan paling tertib sedunia//foto via globe.gov

Amerika Latin Kawasan Paling Bergolak, Asia Timur Adem Ayem?

angkaberita.id – Tak hanya sukses mengusir hantu pendidikan, istilah lain tinggi di nilai kemampuan bahasa, matematika dan sains (PISA), negara di kawasan Asia Timur juga beranjak makmur. Hanya kawasan Asia Tenggara pesaing terdekatnya.

Terbaru, Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya, menjadi kawasan dengan indeks hukum dan ketertiban tertinggi di dunia tahun 2018. Seperti ditulis Katadata berdasarkan polling dari Gallup, skor Asia Timur bertengger di angka 90, tiga poin lebih tinggi dibanding tahun 2017.

Bertajuk 2019 Global Law and Order Report, laporan itu mengungkapkan Asia Tenggara berada di peringkat kedua, dengan indeks 85 poin, satu poin lebih rendah dibanding 2017. Amerika Serikat dan Kanada, seperti dikuti Katadata, turun dua pon dibanding 2017.

Kendari pada sejumlah negara terjadi perubahan kecil, namun di level kawasan indeks skor hukum dan ketertiban terbilan sama dalam beberapa tahun terakhir. Paling tidak tertib ialah, menurut laporan itu, kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Kemudian Afrika Sub Sahara, bekas Uni Soviet dan Asia Selatan. Gallup menyusun sejumlah pertanyaan dalam indeks dengan nilai skor 0-100, kian tinggi makin tinggi pula proporsi penduduk yang merasa aman di negara bersangkutan. (*)

Bagikan