Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Fakta Hadiah Nobel: Keluarga Currie Belum Tertandingi, Enam Pasutri Masuk Sejarah

1 min read

keluarga currie bisa disebut keluarga nobel lantaran dari bapak, ibu dan anak semuanya mendapatkan prestasi nobel berkat temuannya/foto via idntimes.com

Fakta Hadiah Nobel: Keluarga Currie Belum Tertandingi, Enam Pasutri Masuk Sejarah

angkaberita.id – Selain menjadi perempuan kedua penerima hadiah Nobel Ekonomi sepanjang 50 tahun terakhir, kesuksesan Esther Duflo ilmuwan Prancis di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, juga berkat risetnya soal SD Inpres di era Soeharto seperti ditulis Tirto.id.

Kendati prestasi terbesarnya ialah, dia meraihnya saat tandem dengan sang suami, yakni Abhijit Banerjee. Seperti Esther, Banerjee bukan asli Amerika tapi keturunan India.

Namun keduanya bukanlah pasangan suami istri pertama penerima hadiah Nobel sejak Alfred Nobel mewakafkan kekayaannya demi kemanusiaan pada 27 November 1895.

Sepanjang sejarah penghargaan Nobel telah lima pasangan suami istri menerimanya. Yakni, Marie dan Pierre Currie, Irene Joliot Curie dan Frederic Joliot, Gerty Cori dan Carl Cori, May-Britt Moser dan Edvard I Moser dan Alva Myrdal dan Gunnar Myrdal.

Keluarga Currie sejauh ini masih menjadi pemegang rekor lantaran satu keluarga penerima hadian Nobel, yakni Pierre Currie sang ayah, Marie Currie sang ibu, dan anak perempuan keduanya, Irene Joliot Curie.

Riset mereka di bidang fisika membawa takdir ke Nobel. Ada juga keluarga lain berstatus penerima Nobel. Keseluruhan telah diserahkan 597 Hadiah Nobel sejak 1901, dengan penerima sebanyak 950 orang,

termasuk 106 Hadiah Nobel dengan tiga pemenang sekaligus seperti Nobel Ekonomi 2019 kepada Michael Kremer dosen Universitas Harvard serta Abhijit Banerjee dan Esther Duflo dari MIT. (*)

Bagikan