Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bukan Amerika Tapi Tiga Negara Asia, Inilah Paspor Paling Perkasa di Dunia

1 min read

paspor jepang dan singapura bertengger di pemuncak daftar paspor paling perkasa di dunia berdasarkan indeks paspor henley/foto via vajiramias.com

Bukan Amerika Tapi Tiga Negara Asia, Inilah Paspor Paling Perkasa di Dunia

angkaberita.id – Amerika Serikat boleh memiliki kekuatan militer terkuat di dunia. Negeri Paman Sam juga boleh memiliki kedutaan besar dan atau konsulat jenderal terbanyak di dunia.

Namun soal paspor paling perkasa, berdasar Henley Passport Index terbitan Henley& Partners seperti dikutip Korea Herald, ternyata Jepang dan Singapura.

Dengan nilai indeks diterima di lebih banyak negara tanpa perlu visa sebanyak 190, alias bebas visa di 190 negara. Jepang dan Singapura bertengger di peringkat pertama.

Selanjutnya Korea Selatan, Jerman dan Finlandia, masing-masing, dengan nilai indeks 188. Praktis lima negara paling perkasa paspornya di dunia, tiga di antaranya negara Asia.

Di urutan selanjutnya ialah Denmark, Italia dan Luxemburg, masing-masing, dengan nilai indeks 187. Berikutnya ada Prancis, Swedia dan Spanyol dengan nilai indeks sama, yakni 186.

Dalam daftar itu, Amerika Serikat bahkan tak masuk dalam 10 besar dunia negara dengan paspor paling perkasa. Selain sebagai negara anggota Uni Eropa, sebagian besar negara Eropa dengan paspor bebas visa itu tergabung dalam Schengen Area.

Henley&Partners sendiri merupakan firma dengan kompetensi soal kewarganegaraan dan perencanaan lokasi tempat tinggal di dunia. (*)

Bagikan